Advertisement

Burung Eksotis Ini Nyanyikan Melodi Aneh Saat Musim Kawin

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 17 Maret 2023 - 23:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Burung Eksotis Ini Nyanyikan Melodi Aneh Saat Musim Kawin Capuchinbird terkenal memiliki salah satu lagu kawin yang terdengar paling aneh. - Wikimedia Common

Advertisement

Harianjogja.com, RIO NEGRO—Nyanyian burung seringkali menjadi salah satu hal yang menenangkan jika kita menemui mereka di alam. Namun, ada satu burung yang punya nyanyian aneh, terutama saat musim kawin.

Melansir Oddity Central, Capuchinbird, burung eksotis yang ditemukan di hutan Amerika Selatan, terkenal memiliki salah satu lagu kawin yang terdengar paling aneh di seluruh kerajaan hewan.

Advertisement

Selain nyanyiannya, tampilan Capuchinbirds juga agak aneh. Mereka memiliki bulu berwarna coklat muda yang menjadi oranye terang di bagian perut, dan kepala seperti burung nasar botak yang ditutupi kulit biru. Kontras antara bulunya yang lebat dan kepalanya yang telanjang sangat mencolok dan membuat penampilannya tidak biasa.

Meski demikian, siapa saja akan melupakan semua tentang penampilannya yang aneh saat mendengar lagu kawinnya. Suara yang keluar dari paruh burung ini saat musim kawin tak lebih merdu dibandingkan kicau burung bulbul atau mockingbird.

Menggambarkan nyanyian kawin burung capuchin jantan sangat sulit, karena mereka memiliki suara yang sangat unik. Namun, ada yang menganggapnya seperti lenguhan sapi yang kasar diikuti dengan gemerincing gergaji mesin. Kemiripan lagu tersebut dengan lenguhan bovine, subfamili sapi dan kerbau, membuat capuchinbird mendapat julukan 'calfbird' atau burung sapi.

Selama musim kawin, burung capuchin jantan berkumpul dalam kelompok besar dan mencoba menarik calon pasangan dengan nyanyian aneh mereka.

Mereka menghasilkan melodi unik dengan menghirup udara dan menyimpannya di kantong udara yang terletak di kedua sisi leher. Saat karung sudah penuh, mereka bersandar dan menghasilkan lagu aneh.

Hingga kini, nyanyian kawin burung capuchin dianggap sebagai salah satu vokalisasi paling luar biasa aneh di dunia unggas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement