Advertisement

8 Kiat Mencegah Tubuh Lemas saat Puasa

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 24 Maret 2023 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
8 Kiat Mencegah Tubuh Lemas saat Puasa Ilustrasi tubuh lemas saat puasa. - Freepik\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASaat puasa tubuh menahan untuk tidak makan dan minum mulai dari subuh hingga magrib. Pastinya tubuh akan kekurangan cairan sehingga membutuhkan energi yang cukup agar tidak lemas selama menjalankan ibadah puasa.

Asupan makanan dan minuman bergizi saat sahur menjadi penting untuk menambah nutrisi dalam tubuh agar tidak lemas saat beraktivitas diluar ruangan. Oleh karena itu penting untuk mengatur dan memperhatikan makanan yang akan masuk kedalam tubuh saat sahur.

Advertisement

Berikut tips agar tubuh tidak lemas saat puasa:

1. Perbanyak minum air putih

Kebutuhan cairan setiap orang rata-rata mencapai 2 liter setiap hari sedangkan selama berpuasa kita akan menahan makan dan minum selama 12 jam. Tak ayal jika air putih menjadi salah satu konsumsi penting saat menjalani ibadah puasa agar tidak kekurangan cairan.

Baca juga: Ini 8 Tradisi Ramadan Unik di Indonesia

Maka konsumsi air putih yang cukup sesuai anjuran 2 liter setiap harinya agar tubuh tidak lemas saat puasa dan hindari minuman yang mengeluarkan cairan lebih cepat seperti kopi, teh, dan soda sehingga terhindar dari rasa mudah haus saat puasa.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Tak hanya pada konsumsi sehari-hari saat sahur buah dan sayur saat sahur juga salah satu asupan yang penting untuk menjaga tubuh agar tidak lemas. Asupan seimbang dari serat dan sayur yang cukup dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Kandungan vitamin yang terdapat dari buah dapat menjaga daya tahan tubuh selama puasa.

3. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Nasi menjadi sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi dan cukup menjadi sumber energi namun Anda dapat mengganti karbohidrat menjadi lebih kompleks seperti beras merah, gandum utuh, oatmeal, dan kacang-kacangan yang mampu menahan tubuh lebih lama dari rasa lapar dan tidak membuat lemas.

4. Hindari Makanan Pedas, Gorengan dan Santan

Saat puasa tubuh tidak makan dan minum dalam waktu 12 jam, dan saat itu pula perut kosong tidak terisi apapun yang membuat tubuh rawan terkena penyakit maag. Mengkonsumsi makanan pedas, gorengan, dan santan tidak dianjurkan ketika sahur maupun berbuka. Sebab ketiganya dapat memicu perut menjadi panas saat berpuasa, menyebabkan penyakit maag serta dapat mengiritasi tenggorokan dan menimbulkan panas dalam.

5. Makanan Instan

Makanan instan menjadi salah satu andalan setiap orang karena cepat dan mudah diolah saat sahur. Namun, makanan instan bukan makanan yang dianjurkan karena mengandung pengawet dan pewarna yang tidak baik bagi tubuh serta dapat menimbulkan rasa lapar lebih cepat karena kandungan gizi yang kurang di dalamnya.

6. Protein Seimbang

Protein bisa didapatkan melalui ikan, ayam, daging, seafood dan protein nabati melalui tempe, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian wajib dikonsumsi saat sahur, agar terhindar dari tubuh lemas selama puasa. Seimbangkan dengan mengkonsumsi makanan lain seperti karbohidrat kompleks, sayur dan buah untuk menahan rasa lapar lebih lama.

7. Tidur yang cukup

Bukan hanya perihal asupan minum dan makanan, tidur menjadi salah satu energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas kembali di pagi hari. Saat puasa tubuh bangun lebih cepat sehingga kekurangan tidur, untuk itu hindari begadang saat sedang menjalankan ibadah puasa. Buatlah tidur berkualitas semaksimal mungkin agar tubuh tetap bugar saat menjalankan aktivitas di pagi hari.

8. Berbuka puasa secukupnya

Rasa lapar yang memuncak membuat sebagian orang berbuka puasa dengan makan secara berlebihan. Kebiasaan ini perlu dihindari agar tidak membuat tubuh kekenyangan sehabis makan, kelelahan serta mengantuk. Cobalah untuk berbuka secukupnya kemudian lanjutkan setelah beberapa jam berikutnya agar tidak membuat lemas dan sakit perut akibat kekenyangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement