Advertisement

5 Kiat Cermat Atur Dana THR Untuk Mudik Lebaran

Abdul Hamied Razak
Senin, 10 April 2023 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
5 Kiat Cermat Atur Dana THR Untuk Mudik Lebaran Pemudik tujuan Jakarta menunggu keberangkatan bus di terminal Giwangan pada arus balik Lebaran yang jatuh pada Minggu (8/5/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Hari Raya Idul Fitri 1444 H ditetapkan pada 22 dan 23 April 2023 mendatang. Pemerintah pun menetapkan hari liburan dan cuti bersama lebaran selama tujuh hari, mulai dari 19-25 April 2023. 

Masa libur lebaran umumnya dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Mudik menjadi tradisi masyarakat merayakan lebaran di kampung halaman. Menyadari pengeluaran transportasi merupakan salah satu dana terbesar untuk mudik atau berlibur, maka perlu cara menyiasati biaya transportasi saat mudik.

Advertisement

Berikut Top 5 kiat cermat dan sederhana untuk mengatur keuangan pribadi sambil turut menikmati hari liburan dan cuti bersama:

1. Alokasikan untuk zakat dan sedekah

Bagi setiap umat Muslim terdapat kewajiban menunaikan zakat fitrah dari setiap anggota keluarganya yang masih menjadi tanggungan. Selain itu, sedekah, bantuan sosial, atau pun membayar zakat harta yang selama ini tertunda yang alokasinya bisa mencapai 10% dari dana THR.

2. Siapkan dana untuk berbagai kebutuhan Lebaran

Prioritaskan penggunaan dana THR untuk kebutuhan Lebaran diantaranya THR untuk para pekerja di rumah, angpao untuk saudara dan keponakan, serta hidangan Lebaran termasuk dalam kategori kebutuhan Lebaran. Jika berencana menghabiskan libur Lebaran dengan mudik bersama keluarga, usahakan agar dana ini dialokasikan dari THR. Idealnya penggunaan THR maksimal 50-70% untuk segala urusan Lebaran.

BACA JUGA: 6 Langkah Pemerintah Antisipasi Titik Rawan Macet Saat Masa Mudik

3. Perhatikan dana untuk kebutuhan tabungan, investasi, darurat, hingga Iduladha

Dana THR sebaiknya tetap disisihkan sebesar 10% untuk keperluan tak terduga seperti jikalau sakit sepulang mudik, maupun untuk asisten infal. Lalu, sisihkan juga 10% untuk keperluan hewan kurban Idul Adha. Sisa dana dapat digunakan untuk berinvestasi sesuai tujuan kesejahteraan.

4. Pelunasan hutang konsumtif

Salah satu checklist penting dengan urgensi tinggi adalah pembayaran hutang konsumtif agar penabung dapat bebas dari beban hutang yang menyeret, sehingga bisa mulai mengalokasikan dana untuk keperluan-keperluan primer lainnya.

5. Bijak pilih opsi moda transportasi untuk mudik

Transportasi adalah salah satu pengeluaran yang mampu jadi faktor penentu jadi atau tidaknya rencana perjalanan atau mudik. Dalam merealisasikan budget mudik, masyarakat harus jeli memanfaatkan berbagai program promo diskon bernilai agar dana transportasi tidak membengkak.

BACA JUGA: 1,59 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Terjual

"Masyarakat perlu cermat dalam mengatur alokasi dana THR yang menjadi stimulus untuk memenuhi tingginya persiapan perayaan hari Lebaran hingga untuk mudik ke kampung halaman maupun berlibur ke destinasi impian," kata Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com, Senin (10/4/2023).

Menjelang pekan liburan Lebaran, pihaknya menghadirkan program spesial tahunan Tiket Hari Raya (THR) sepanjang Ramadan sehingga dana mudik dapat ditanggulangi dengan baik. "Untuk menekan ongkos transportasi, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai promo THR," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement