Advertisement

Kenali Bahaya Etilen Oksida dalam Mi Instan dan Es Krim

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 26 April 2023 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Bahaya Etilen Oksida dalam Mi Instan dan Es Krim Mi instan. - Istimewa/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Baru-baru ini Etilen Oksida sedang banyak diperbincangkan publik. Zat yang termasuk Bahan Bahaya Beracun (B3) ini disebut telah ditemukan dalam mi instan dan es krim.

Produk tersebut salah satunya ialah Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken Flavour begitu pula es krim asal Perancis Haagen Dazs rasa vanilla, temuan ini berasal dari Otoritas keamanan pangan Hong Kong Centre for Food Safety (CFS).

Advertisement

Etilen Oksida sendiri merupakan bahan kimia berbentuk gas tidak berwarna serta mudah terbakar. Bahan kimia ini mestinya ditemukan dalam produk perawatan tubuh dan medis, bukan pada produk makanan dan minuman yang justru menimbulkan beberapa penyakit berbahaya pada tubuh.

Karena masuk kedalam B3 pengelolaan Etilen Oksida sangat diatur sebab adanya risiko berbahaya bagi manusia serta lingkungan jika tidak dikelola dengan baik.

Baca juga: Ingin Tetap Sehat Usai Lebaran? Lakukan Hal Berikut Ini

Melalui rilis yang dikeluarkan CFS pada laman resminya memperingatkan perdagangan untuk segera melakukan tindak lanjut serta investigasi atas insiden ini yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

“CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk diuji di bawah Program Pengawasan Makanan rutinnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, kemasan bumbu dan kemasan bubuk cabai dari produk tersebut mengandung pestisida, etilen oksida” ujar CFS.

Mengetahui hal tersebut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menurunkan perintah untuk menarik produk es krim asal perancis tersebut karena berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pengelolaan B3 menurut UU NO. 32 tahun 2009 adalah zat energi dan/atau komponen lain yang bersifat konsentrasi, dan/atau jumlahnya baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Bukan untuk Makanan

Tidak untuk makanan dan minuman melainkan etilen Oksida berguna untuk kebutuhan seperti fumigan untuk tekstil, bahan baku akrilonitril, alat sterilisasi kedokteran, bahan baku pembuatan surfaktan non-ionik, dan fungisida pertanian.

Senyawa Etilen Oksida ini jika dikonsumsi dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia yang dapat menimbulkan beberapa penyakit yaitu:
1. Limfoma
2. Leukimia
3. Kanker perut
4. Kanker payudara
5. iritasi mata, hidung dan tenggorokan
6. Pusing
7. Kejang dan koma
8. Pendarahan
9. Kerusakan paru
10. Keracunan saraf.

Penarikan makanan yang mengandung Etilen Oksida dilakukan BPOM demi menghentikan produk diperjual-belikan padahal dapat membahayakan kesehatan tubuh serta menimbulkan penyakit-penyakit serius pada tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement