Advertisement

Hindari Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Usus

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 21 Mei 2023 - 15:57 WIB
Sunartono
Hindari Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Usus Sajian gorengan yang dijual di pinggir jalan. - Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penelitian terbaru melansir dari Medical Daily menyimpulkan kesehatan saluran pencernaan menjadi kunci kesehatan manusia karena menentukan kekebalan seseorang, kesehatan mental, serta kemungkinan munculnya masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit autoimun.

Termasuk pula kesehatan usus, faktor seperti gen keluarga, lingkungan, obat-obatan, dan pola makan menentukan kesehatan mikrobioma usus, namun kualitas dan jenis asupan makanan memainkan peran penting.

Advertisement

Oleh karenanya guna menjaga kesehatan usus yang lebih baik, berikut daftar sejumlah makanan yang mesti dihindari.

1. Gula

Bakteri usus yang sehat dapat hilang jika mengonsumsi terlalu banyak gula, alhasil memicu peradangan pada tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Studi telah membuktikan seseorang yang diet tinggi gula memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami sembelit serta gangguan fungsi usus secara keseluruhan.

2. Makanan olahan

Kandungan garam, lemak, gula, dan beragam jenis bahan tambahan makanan seperti pengawet pada makanan olahan berpotensi mengganggu keseimbangan mikrobioma yang sehat.

3. Daging merah

Konsumsi daging merah dapat meningkatkan strain bakteri tertentu tumbuh berlebihan di usus dan berdampak negatif bagi kesehatan usus.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng tinggi akan lemak jenuh sehingga makanan jadi lebih sulit dicerna. Dampaknya berbahaya bagi usus sebab dapat menyebabkan peradangan dan masalah terkait usus lainnya.

5. Pemanis buatan

Pemanis buatan termasuk pengganti gula rendah kalori menurut WHO tak efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Diketahui bahwa pemanis buatan memengaruhi komposisi mikrobioma usus, meningkatkan intoleransi glukosa, serta menyebabkan penyakit metabolik.

6. Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebih dapat merusak lapisan usus bahkan bakteri berpotensi tumbuh secara berlebihan alhasil dapat menyebabkan pencernaan yang buruk dan refluks asam.

Sementara itu, berikut beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan usus.

1. Makanan fermentasi

Yogurt, kimchi, sauerkraut, serta tempe ialah jenis makanan fermentasi yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik sekaligus mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di usus.

2. Makanan kaya serat

Buah-buahan, polong-polongan, dan kacang-kacangan merupakan sumber kaya serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Meski demikian, diet kaya serat baik untuk tubuh karena merangsang pertumbuhan bakteri tertentu di usus, yang memakan serat untuk pertumbuhannya.

3. Makanan kaya probiotik

Makanan kaya probiotik seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus yang membantu pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement