Advertisement

Udara Dingin Pagi Ampuh Bakar Lemak Pria

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 23 Mei 2023 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Udara Dingin Pagi Ampuh Bakar Lemak Pria Ilustrasi obesitas. - Daily Express

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Proses pembakaran lemak pada pria yang dapat membantu mengurangi berat badan dapat terjadi saat terpapar udara dingin pada pagi hari.

Sebuah riset yang dilaporkan dalam Medical Daily menyatakan bahwa lemak pada pria dapat dibakar jika terpapar oleh udara dingin pada pagi hari dibandingkan malam hari. Menariknya hal tersebut tidak berlaku bagi wanita.

Advertisement

Perbedaan respons tubuh pada pria dan wanita terhadap metabolisme dalam waktu tertentu tersebut diketahui melalui terapi paparan udara dingin pada pagi hari lebih menguntungkan bagi pria.

Diketahui dari uji coba terhadap 24 partisipan terdiri dari pria dan wanita. Mereka tidur di matras yang diisi air bersuhu 48 derajat fahrenheit (8,8 derajat celcius) selama 90 menit. 

Berdasarkan pengukuran pada pengeluaran energi dan temperatur kulit mereka. Hasil uji coba tersebut menemukan bahwa pria memiliki perbedaan yang signifikan di pagi hari namun tidak pada wanita menilai dari pengeluaran energi dan suhu kulit akibat temperatur dingin yang hasilnya tak jauh berbeda antara pagi dan malam.

Baca juga: Profil Lengkap Puteri Indonesia 2023 Farhana Riswari, Punya Gelar Dokter

Riset ini berfokus akan bagaimana paparan udara dingin mampu memicu pembakaran jaringan lemak cokelat (jenis lemak yang mengatur suhu tubuh dan aktif sesaat seseorang menggigil karena kedinginan) untuk pengaturan suhu dan pembakaran kalori.

Selain itu riset juga mengevaluasi pembakaran lemak pada ritme sirkadian atau siklus internal tubuh manusia selama 24 jam dan bagaimana pengaruhnya kepada pria dan wanita.

"Riset kami mengindikasikan bahwa waktu optimum untuk mengalami paparan udara dingin adalah pada titik spesifik dalam 24 jam siklus tubuh," ungkap Mariëtte Boon dari Leiden University Medical Center yang menulis riset tersebut.

Riset ini dipercaya para peneliti sebagai langkah awal yang penting dalam menyelidiki efek ritme sirkadian terhadap efek paparan udara dingin pada metabolisme lemak.

Bahkan kini peneliti berlanjut menganalisis dampak dari paparan udara dingin secara berulang pada pagi hari terhadap perbaikan kesehatan kardiometabolik pada pria obesitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement