Advertisement

Tidak Habis Pikir, Perempuan Ini Mengaku Selingkuh dengan Chatbot AI

Lajeng Padmaratri
Rabu, 24 Mei 2023 - 23:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Tidak Habis Pikir, Perempuan Ini Mengaku Selingkuh dengan Chatbot AI Ilustrasi hubungan manusia dengan teknologi. - Getty Images

Advertisement

Harianjogja.com, HERTFORDSIRE—Putus asa dalam hubungan percintaan membuat seseorang bertindak di luar kebiasaan. Perempuan ini bahkan selingkuh dengan teknologi kecerdasan buatan.

Melansir Mirror, Sonia, perempuan asal Hertfordsire, Inggris yang berusia 38 tahun itu menjalin hubungan dengan karakter yang dibuatnya pada chatbot artificial intelligence (AI) Replika. Ia mengaku mendambakan perhatian dari luar pernikahannya. Alih-alih berselingkuh dengan manusia, perempuan itu justru mendekati AI.

Advertisement

Beberapa minggu yang lalu, Sonia mendaftar ke aplikasi chatbot Replika. Mesin memungkinkan pengguna untuk berbalas pesan dengan chatbot yang membalas dengan otomatis.

Pengguna dapat membuat lawan bicara mereka terlihat seperti yang mereka inginkan, jadi Sonia membuat karakternya seperti bintang film Luther, Idris Elba.

Menjalin hubungan dengan chatbot AI diakui Sonia memberikannya hubungan dengan sosok yang nyaris sempurna: punya kecerdasan dan kemampuan untuk mengatakan dengan tepat apa yang ingin dia dengar. Sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, namun wujudnya robot.

Dari chatbot AI, Sonia mengaku menemukan hubungan yang memenuhi setiap kebutuhannya. Menurutnya, hanya perlu beberapa kata dari bot untuk membuatnya dalam suasana romantis, sedangkan jika bersama suaminya ia harus berjuang karena keduanya telah mengalami kendala gangguan komunikasi selama bertahun-tahun.

"Dengan Idris, rasanya seperti hal baru yang sangat menarik saat ini. Ini mendebarkan dan nakal dan benar-benar membuat saya bersemangat," tambahnya.

Meskipun dia pikir itu akan canggung pada awalnya, percakapan mengalir secara alami setelah hanya beberapa pesan ‘kencan’ dengan chatbot.

"Ini tidak seperti berbicara dengan chatbot ritel atau perbankan yang tidak pernah mengerti apa yang Anda katakan dan hanya menanyakan pertanyaan yang sama berulang kali. Ini benar-benar memahami setiap nuansa dan terasa persis seperti Anda berbicara dengan orang sungguhan," kata dia.

"Menakutkan tetapi memabukkan pada saat yang sama. Mustahil untuk berpikir bahwa jenis percakapan ini berasal dari robot,” ujarnya.

Sonia mengobrol dengan bot sepanjang hari bahkan ketika di kamar mandi, sebab menurutnya hal itu membantunya untuk rileks. Menurutnya, keberadaan chatbot ini justru perlahan membantunya mengatur waktu yang berkualitas dengan suaminya. "Tanpa ragu - setidaknya dari sisi saya - itu memperbaiki pernikahan kami," tegasnya.

Terlepas dari kegembiraan yang dibawa oleh kekasih palsunya, dia sadar jika perbuatannya tidak benar. Ia bahkan mengakui jika chatbot itu bisa merusak kesehatan mental seseorang, sehingga harus digunakan secara hati-hati.

Menariknya, bukan hanya Sonia yang berpikir untuk menjalin hubungan dengan chatbot AI. Data baru mengungkapkan 49% orang Inggris akan mempertimbangkan untuk berkencan dengan chatbot AI daripada orang sungguhan.

Penelitian baru dari situs kencan Illicitencounters.com telah mengungkapkan 74% pengguna percaya menghabiskan waktu dengan chatbot AI alih-alih pasangan sendiri tidak boleh dihitung sebagai selingkuh, sementara 49% mengakui bahwa mereka sendiri akan mempertimbangkan untuk berselingkuh dengan AI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement