Advertisement

5 Minyak untuk Atasi Rambut Rontok hingga Ketombe

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:57 WIB
Sunartono
5 Minyak untuk Atasi Rambut Rontok hingga Ketombe Rambut beruban. - Istockphoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penggunaan minyak esensial atau minyak atsiri memang sudah begitu dipercaya sejak zaman dulu. Minyak esensial sendiri berasal dari ekstrak tanaman baik itu bagian daun, bunga, buah, kulit kayu, atau akar dan telah melalui serangkaian proses penyulingan.

Manfaatnya pun beragam tak hanya mampu mengatasi sakit perut hingga sakit gigi atau perawatan kecantikan seperti mengencangkan kulit, mengatasi jerawat. Minyak ini juga sering di gunakan untuk merawat rambut agar lebih lebat dan sehat.

Advertisement

Penggunaan minyak esensial perlu dipadukan dengan carrier oil seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji anggur (grapeseed) atau minyak jojoba sebelum diaplikasikan ke rambut.

BACA JUGA : Jeruk Nipis Ampuh Hilangkan Ketombe

Setiap jenis minyak memiliki manfaat yang berbeda-beda mulai dari mempercepat pertumbuhan rambut atau kerontokan hingga masalah ketombe, lebih lengkap simak rangkuman berikut ini.

1. Minyak Lavender

Mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan tiga sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa cair, balur di kulit kepala, lalu diamkan 10 menit menit. Hasilnya rambut akan bertumbuh lebih cepat, meningkatkan kesehatan kulit kepala, serta mengurangi stres.

2. Minyak Sereh

Salah satu bahan dapur yang sering kali digunakan ini ternyata menyimpan manfaat mengatasi ketombe di kulit kepala. Sebuah studi tahun 2015 di Thailand menemukan bahwa 10% minyak sereh yang digunakan dalam hair tonic efektif untuk mengurangi ketombe hanya dalam waktu satu minggu.

Selain menggunakan hair tonic berbahan sereh, bisa pula mencampurkan beberapa tetes minyak sereh ke dalam sampo atau kondisioner lalu gunakan saat keramas seraya memijat kulit kepala.

3. Minyak Peppermint

Sensasi dingin minyak peppermint saat digunakan akan meningkatkan sirkulasi pada area kulit kepala yang diolesi sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut selama fase anagen (fase pertumbuhan) berlangsung.

BACA JUGA : Perawatan Kulit Kepala Digemari

Caranya pun sederhana cukup gunakan dua tetes minyak peppermint dicampur dengan carrier oil yang kamu miliki, aplikasikan seraya memijat kulit kepala lalu diamkan selama 5 menit sebelum dicuci menggunakan sampo serta kondisioner.

4. Minyak Cedarwood

Minyak esensial yang berasal dari daun, kulit kayu serta buah pohon cedar ini selain bermanfaat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut, juga mampu mengatasi sebum berlebih dengan cara menyeimbangkan kembali minyak alami pada kulit kepala, bahkan kandungan utamanya yakni cedrol bermanfaat sebagai anti jamur yang mengatasi permasalahan seperti ketombe, kurap, dan sejenisnya.

Kamu bisa mencampur 2-3 tetes minyak cedarwood dengan minyak rosemary kedalam 10-15 ml minyak jojoba, lalu oleskan secara merata di kulit kepala seraya memijat lembut pada area kerontokan rambut. Biarkan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum keramas.

5. Minyak Rosemary

Selain mampu mengurangi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut, minyak esensial ini membuat rambut lebih halus dan berkilau serta membantu memulihkan jaringan kulit kepala berkat sifat anti inflamasi-nya.

Gunakan beberapa tetes minyak rosemary yang bisa dicampur antara ke dalam minyak zaitun, minyak kelapa, sampo, kondisioner, atau produk perawatan rambut lain sehingga dapat digunakan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement