Advertisement

Kenali Pentingnya Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Malam

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 29 Mei 2023 - 23:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Pentingnya Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Malam Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Malas membersihkan wajah bisa berdampak buruk pada kulit. Anda bisa mengalami jerawat yang parah hingga sulit dihilangkan.

Untuk itu penting bagi Anda untuk membersihkan wajah, terutama bagi Anda yang sebelumnya menggunakan make up tebal. 

Advertisement

Agar wajah dalam kondisi sehat dan bersih, Anda memang harus melakukan tahapan membersihkan wajah yang benar. 

Dilansir dari The Body Shop, berikut ini tahapan membersihkan wajah saat malam hari menjelang tidur:

1. Disiplin meluangkan waktu

Selelah melakukan aktivitas seharian, jangan malas untuk meluangkan waktu guna membersihkan wajah dari kotoran. Setidaknya 15 menit sebelum waktu tidur. Membersihkan wajah secara menyeluruh akan membantu membuat kulit bernafas. Kalau dalam keseharian Anda memakai make-up, lakukanlah double cleansing.

2. Pilih pembersih wajah yang tepat

Cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur yang kedua adalah menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Cari tahu lebih dulu tipe kulit wajah Anda, apakah kering, berminyak, normal, atau kombinasi. Lalu, hindari penggunaan sabun untuk badan karena sabun memiliki pH basa yang tidak sesuai dengan pH alami kulit. 

3. Pakai air suam kuku

Sebaiknya gunakan air suam kuku untuk mencuci dan membilas. Air suam kuku dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga pembersih wajah dan air dapat membersihkan wajah secara menyeluruh hingga ke dalam pori-pori tersebut. Air suam kuku juga memberikan efek relaksasi yang menenangkan, apalagi bila sambil membasuh wajah, Anda juga melakukan gerakan memijat lembut dengan gerakan memutar.

4. Keringkan wajah dengan handuk

Cara membersihkan wajah yang benar selanjutnya adalah melakukan pengeringan wajah dengan benar. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk atau kain bersih yang bertekstur lembut. Usap secara perlahan dengan gerakan menepuk-nepuk yang juga dilakukan dengan lembut. Jangan remehkan proses ini karena cara pengeringan yang salah atau terlalu kasar dapat merusak atau melukai kulit.

5. Pakai toner

Saat wajah masih dalam kondisi lembap, pakailah toner wajah sesuai jenis kulit Anda untuk membantu menutup kembali pori-pori wajah dan menyegarkan wajah.

6. Pakai pelembap

Sebagai rangkaian terakhir dalam cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur, gunakanlah pelembap sesuai jenis kulit. Pilih pelembap yang sesuai dengan kulit wajah lalu pijat lembut dengan gerakan memutar menggunakan ujung-ujung jari. Lalu, diamkan supaya meresap semalaman.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Sebut Pengemudi Fortuner Ugal-ugalan Buang Pelat Nomor TNI di Lembang

News
| Kamis, 18 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement