Advertisement

Resign dari Pekerjaan, Perempuan Ini Pilih Tinggal di Rumah dan Digaji Orang Tua Rp8,5 Juta Perbulan

Lajeng Padmaratri
Senin, 29 Mei 2023 - 15:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Resign dari Pekerjaan, Perempuan Ini Pilih Tinggal di Rumah dan Digaji Orang Tua Rp8,5 Juta Perbulan Foto ilustrasi resign dari pekerjaan. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Keputusan seorang wanita berusia 40 tahun untuk resign dari pekerjaannya dan menjadi ‘anak penuh waktu' bagi orang tuanya sendiri telah memicu kontroversi di China.

Melansir Oddity Central, seorang perempuan bernama Nianan asal China yang berusia 40 tahun memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan memilih menganggur. Ia telah bekerja di sebuah kantor berita selama 15 tahun, namun sudah terlalu lelah karena harus siap siaga hampir 24 jam sehari dan terus-menerus berada di bawah tekanan yang luar biasa.

Advertisement

Untungnya, orang tuanya datang dengan tawaran pekerjaan yang lebih baik jika dia berhenti dari pekerjaan yang membuatnya begitu sengsara. “Kenapa kau tidak berhenti saja dari pekerjaanmu? Kami akan mengurus Anda secara finansial,” kata orang tua wanita itu, dan berjanji untuk membayarnya 4.000 yuan atau sekitar Rp8,5 juta per bulan jika dia pulang ke rumah dan tinggal bersama mereka.

Tentu saja, Nianan tidak perlu lagi sewa rumah jika ia menerima tawaran itu. Ia bisa melakukan penghematan besar-besaran untuk makanan dan berbagai barang rumah tangga, karena orang tua akan menanggung biaya tersebut. Jadi Nianan resign dari pekerjaannya dan menjadi anak fulltime.

Setelah setahun bekerja kepada orang tuanya, Nianan menggambarkan profesinya sebagai profesi idaman. Dia menghabiskan hari-harinya menemani ibu dan ayahnya ketika mereka pergi berbelanja, memasak makan malam bersama mereka setiap malam, mengantar mereka berkeliling ketika mereka membutuhkannya, dan bahkan memiliki satu jam untuk berdansa dengan mereka setiap hari.

Nianan mengatakan bahwa dia juga bertanggung jawab untuk mengelola barang elektronik di sekitar rumah, dan merencanakan satu atau dua perjalanan keluarga setiap bulan. Betapapun bahagianya rutinitas ini, wanita berusia 40 tahun ini mengatakan bahwa terkadang dia masih merasakan “keinginan untuk menghasilkan lebih banyak uang”. Untungnya, orang tuanya tidak menentang itu, jika itu yang dia inginkan.

“Jika kamu menemukan pekerjaan yang lebih cocok, kamu bisa melakukannya,” kata orang tua Nianan kepadanya. “Namun, jika kamu tidak ingin bekerja, tinggallah di rumah dan habiskan waktu bersama kami.”

Nianan mengatakan kepada South China Morning Post bahwa gaji bulanannya dibayarkan dari pensiun bulanan orang tuanya yang berjumlah sekitar 100.000 yuan atau Rp211 juta.

Kabar itu kemudian memicu debat online yang panas di China pada pekan ini. Sebagian mengkritik perilaku wanita 40 tahun itu, sementara sebagian yang lain mengklaim bahwa itu bukan urusannya.

“Jelas, itu hanya bergantung pada orang tua, yang dikenal sebagai ken lao dalam bahasa Cina, yang diterjemahkan menjadi 'makan yang lama', namun mereka bersikeras melabelinya sebagai 'anak perempuan penuh waktu',” komentar satu orang.

“Jika kedua orang tua dan anak-anak mereka benar-benar bahagia, mengapa tidak menerimanya? Di masa depan, angkatan kerja muda akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Jika sebagian orang menganggapnya ken lao, atau bergantung pada orang tua, lalu mengapa tidak menukar anak untuk merawat orang tua di keluarga masing-masing?” orang lain bertanya.

Di China, terkenal budaya kerja yang disebut 996, yaitu bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam enam hari seminggu. Budaya kerja ini dikabarkan telah menyebabkan banyak orang menderita kelelahan, depresi berat, dan dampak lain yang lebih buruk lagi.

Bahkan, budaya kerja itu disebut-sebut membuat para pemuda membuat gerakan “rebahan” atau “mager kerja” di mana orang muda berhenti bekerja begitu saja sepenuhnya untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana dan lebih santai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement