Advertisement

5 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 30 Mei 2023 - 22:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Naik pesawat bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, terlebih bagi mereka yang takut atau fobia terhadap ketinggian. 

Mereka akan mengalami kekhawatiran sepanjang perjalanan. Bahkan bayangan terhadap hal buruk seperti pesawat jatuh bisa jadi terus menghantui pikiran selama penerbangan. 

Advertisement

Terlebih jika cuaca selama perjalanan buruk, goncangan di dalam pesawat akan semakin menambah rasa takut dan cemas. 

Lantas bagaimana caranya mengatasi permasalahan takut naik pesawat? Dilansir dari berbagai sumberberikut ini tipsnya:

1. Bekali dengan pengetahuan

Kecemasan bisa berkembang karena ketidaktahuan. Namun, jika kita mau membekali diri dengan pengetahuan sebelum naik pesawat, pertanyaan seputar kekhawatiran bisa dikurangi dengan fakta-fakta. Meskipun ketakutan mungkin tidak bisa hilang sepenuhnya, namun mencari fakta setidaknya bisa membantu untuk mengelolanya.

Baca juga: Ada Tenda Terapung untuk Pengalaman Berkemah yang Berbeda, Mau Coba?

2. Pisahkan rasa takut dari bahaya

Seringkali, sulit untuk memisahkan kecemasan dari bahaya. Katakan pada diri sendiri bahwa kecemasan bisa membuat pikiran menakutkan lebih mungkin muncul, dan ingatkan diri bahwa merasa cemas bukan berarti dalam bahaya. Yakinlah bahwa kita ada dalam kondisi yang aman, sekalipun sedang merasa cemas.

3. Lawan kecemasan

Kecemasan mengacaukan akal sehat dan membuat kita berpikir bahwa kita sedang dalam bahaya padahal keadaannya aman dan baik-baik saja. Lawanlah itu agar kecemasan akan terjadinya bahaya selama penerbangan tidak semakin kuat. Seperti dengan membayangkan berjumpa dengan orang-orang tersayang setelah sampai di kota tujuan.

4. Yakinkan diri aman

Ketika turbulensi terjadi, banyak orang termasuk kamu mungkin mulai memikirkan hal-hal yang buruk. Untuk mengelola perasaan cemas tersebut, pelajari tentang pesawat terbang dan bagaimana pesawat dirancang untuk menangani turbulensi. Berfokuslah untuk mengelola kecemasan kamu, daripada memikirkan kapan turbulensi akan berakhir atau seberapa parah hal itu. 

5. Ngobrol 

Berbincang atau ngobrol dengan penumpang di sebelah bisa mengurangi rasa takut terhadap penerbangan. Obrolan yang asyik secara tidak sadar akan membuat perjalanan terasa singkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ketua KPU RI Tegaskan Caleg Terpilih Tak Wajib Mundur Bila Ingin Maju Pilkada 2024

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement