Advertisement

4 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 09 Juni 2023 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan Ilustrasi makan ikan - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah menggencarkan gerakan makan ikan karena bernutrisi tinggi. Sayangnya, ada sebagian orang yang malas mengolah ikan karena baunya yang amis. 

Namun ada cara untuk mengurangi rasa amis pada ikan. Berikut ini paparannya dilansir dari hellosehat:

Advertisement

1. Jeruk nipis

Selain kaya zat gizi, jeruk nipis dan beberapa bahan makanan yang asam bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan, seperti lemon, cuka makan, dan tomat.

Cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan jeruk nipis adalah dengan merendam ikan ke dalam jeruk nipis selama 20–30 menit, bilas ikan di bawah air hangat yang mengalir, dan keringkan ikan agar sisa air tidak menempel pada ikan, lalu masak ikan seperti biasa.

2. Garam

Menaburkan garam adalah salah satu cara menghilangkan bau amis pada ikan yang sudah dilakukan sejak lama. Ternyata, metode ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Riset yang dipublikasikan pada jurnal International Journal of Food Properties (2018) menjelaskan bahwa kandungan garam membuat sebagian serat otot ikan larut. Reaksi ini ternyata membentuk jel di permukaan ikan sehingga jel ini mampu menahan air.

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahan-bahan yang bisa mengikat dan menahan air mencegah penguapan TMA (trimetilamina) sehingga gas TMA tidak langsung terhirup oleh hidung.

Baca juga: Serunya Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara di Harian Jogja 

Selain itu, studi lain terbitan National Academies Press (2010) menemukan bahwa garam mampu mengurangi aktivitas air di dalam tubuh ikan. Hal ini dikarenakan kadar natrium dan kloridanya mampu bereaksi dengan molekul air. Menurunnya aktivitas air ini membuat bakteri yang menempel pada ikan mengalami dehidrasi sehingga mengalami kematian atau pertumbuhannya terhambat.

3. Susu hewani

Penggunaan susu untuk menghilangkan bau amis bisa dijelaskan secara ilmiah. Susu hewani mengandung protein bernama kasein. Nantinya, kasein akan mengikat TMA dan menariknya dari ikan.

Jadi, saat kita menuangkan susu, sebenarnya sedang membuang ikatan senyawa TMA dari tubuh ikan.

Cara menghilangkan bau amis pada ikan cukup merendamnya selama 20 menit, keringkan ikan, lalu pilih cara memasak sesuai selera.

Meski demikian, hindari cara ini jika Anda memiliki intoleransi laktosa. Hal ini justru membuat Anda mengalami gejala gangguan saluran pencernaan, seperti perut kembung hingga diare.

4. Rempah-rempah

Cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah dengan memberikan rempah-rempah. Selain meningkatkan citarasa makanan, rempah-rempah berguna untuk menutupi bau yang tidak sedap.

Beberapa jenis rempah-rempah yang umum ditambahkan pada ikan adalah jahe dan bawang putih. Kedua bahan ini bisa mengurangi bau amis dengan cara meningkatkan rasa dan menetralkan bau amis ikan.

Ketika jahe ditambahkan pada ikan, ada senyawa bernama terpenoid pun meningkat. Senyawa ini memberikan aroma segar seperti bunga. Sementara itu, kandungan dialil sulfida pada bawang putih bisa menutup bau amis. Penjelasan ini dikutip dari temuan yang terbit pada Journal of Food Science and Technology (2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement