Advertisement

Masih Tinggal Bersama Orang Tua? Ini 5 Tips Tetap Mandiri

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 19 Juni 2023 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Masih Tinggal Bersama Orang Tua? Ini 5 Tips Tetap Mandiri Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski telah beranjak dewasa atau telah menikah sekalipun, masih banyak orang yang memilih untuk tinggal bersama orang tua. Alasannya bisa karena menghemat uang atau belum siap meninggalkan rumah.

Pastinya ada pula pertentangan yang bisa saja terjadi, terutama dalam menetapkan batasan yang sehat namun tetap menghormati otoritas orang tua.

Advertisement

Dr. Kristie Overstreet seorang terapis pun membagikan lima tips terbaiknya bagi orang dewasa yang masih tinggal di rumah orang tua melalui Insider.

1. Perjelas kebutuhan untuk menetapkan batasan

Mendiskusikan kebutuhan Anda akan membantu menetapkan batasan sekaligus tetap menjaga rasa hormat. Hal ini bisa dilakukan dengan dialog terbuka membahas seputar privasi, jam malam, dan mencari solusi bersama jika terdapat hal yang bertentangan.

Baca juga: Tol Jogja Bawen Seksi 1 Ruas Jogja-Banyurejo Memotong 4 Sungai, Ini Titik Lokasi Pembangunan Underbridge

2. Pertahankan rasa kemandirian

Mempertahankan otonomi diri di bawah atap orang tua bisa jadi hal yang sulit. Untuk mengatasinya cukup lakukan tanggung jawab akan hal-hal yang bisa Anda kendalikan. Misalnya mengurus urusan rumah tangga atau kebutuhan pribadi seperti mencuci pakaian sendiri, masak sendiri kemudian membagikannya ke orang tua.

3. Tetapkan ruang pribadi di rumah

Saat masih tinggal bersama orang tua, memiliki ruang sendiri dapat menjadi hal yang sulit. Satu-satunya cara ialah dengan membangun kamar pribadi menjadi tempat yang nyaman untuk diri sendiri maupun saat bekerja. Namun jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu bercengkerama dengan orang tua.

4. Tetapkan tujuan yang realistis selama tinggal bersama orang tua

Kekhawatiran seperti pengeluaran biaya tempat tinggal atau kebutuhan makanan saat masih tinggal bersama orang tua, tidak membebani pikiran sehingga Anda dapat memikirkan tujuan lain. Sehingga Anda dapat menghemat uang atau memilih pekerjaan yang ingin Anda lakukan sebelum nyaman untuk hidup dirumah sendiri.

5. Saling menghormati dengan orang tua

Menghormati orang tua sangat penting dilakukan saat masih tinggal bersama mereka, karena yang terpenting adalah Anda hanya bisa mengatur diri sendiri namun tidak dapat mengatur apa yang orang tua Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement