Advertisement

4 Camilan Sehat untuk Menemani Nonton Bola

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 19 Juni 2023 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Camilan Sehat untuk Menemani Nonton Bola Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pertandingan sepakbola antara  Timnas Indonesia versus Argentina dalam FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta malam ini sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Kedua tim akan bertanding pukul 19.30 WIB.

Antusiasme warga +62 tetap tidak surut meski sang kapten Timnas Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi tidak hadir karena sedang menjalani masa libur. Ada yang rela merogoh kocek untuk bisa menonton langsung di Jakarta tetapi sebagian besar menonton melalui tayangan televisi. 

Advertisement

Bagi penonton televisi, tidak lengkap rasanya jika tidak menyediakan camilan untuk menemani waktu 45 menit menonton bola Indonesia vs Argentina. 

Berikut beberapa rekomendasi camilan sehat untuk nonton bola laga Indonesia vs Argentina:

Baca juga: Indonesia vs Argentina: Menunggu Pembuktian Shin Tae-yong

1. Kacang-kacangan

Kacang terutama kacang tanah merupakan camilan yang sering ada saat momentum menonton bola di televisi. Menariknya kacang-kacangan termasuk camilan sehat sebab kaya serat, mineral, dan protein. Selain kacang tanah, kamu bisa pula mengonsumsi kacang merah atau kacang almond. Untuk tetap menjaga nilai gizinya cobalah mengolah kacang dengan cara dipanggang atau direbus.

2. Singkong

Selain menambah energi singkong juga mengandung nutrisi seperti protein, vitamin, kalium, kalsium, dan sejumlah kandungan lain yang baik untuk tubuh. Singkong pun dapat diolah menjadi dengan banyak cara dari digoreng sampai garing, dikukus, dan lainya dan menjadi teman saat menonton bola. Agar nutrisinya tidak hilang, gunakanlah minyak baru dan tiriskan minyak sampai tak bersisa guna mengurangi kalori yang dapat memicu kenaikan berat badan berlebih atau obesitas.

3. Pisang

Camilan tinggi potasium ini dapat dikonsumsi dan diolah menjadi beragam jenis camilan, seperti pisang goreng, bakar, keripik hingga rebus. Kandungan potasium pada pisang bermanfaat dalam menjaga fungsi jantung serta sirkulasi darah dan sirkulasi oksigen ke otak yang dapat mencegah atau mengurangi potensi stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah. Pastikan saat menggoreng pisang gunakan tepung yang sehat atau bebas gluten seperti tepung beras dan tepung jagung atau menggunakan campuran oatmeal.

4. Popcorn

Popcorn atau berondong jagung termasuk camilan sehat nonton bola karena jumlah kalorinya rendah. Melansir dari Healthline, dalam 100 gram popcorn mengandung 387 kalori atau 31 kalori per cangkir popcorn. Jila dibandingkan dengan keripik kentang, kalori popcorn jauh lebih rendah selama tidak mengandung pemanis dalam jumlah yang tinggi. Sebaiknya ganti penyajian popcorn dengan penyedap yang alami seperti bubuk kayu manis, merica, atau bubuk cabai untuk menambah cita rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Korban Banjir Konawe Utara Pilih Mengungsi Mandiri

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement