Advertisement

4 Efek Samping Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 23 Juni 2023 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Efek Samping Mengonsumsi Kafein Berlebihan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kafein, kandungan yang umum ditemui dalam kopi dan teh, seringkali menjadi pilihan untuk menangkal rasa kantuk, meningkatkan suasana hati maupun kinerja fisik. Bahkan kafein juga dipercaya dapat meningkatkan sistem metabolisme dan mental seseorang.

Genetik memainkan peran penting terhadap tingkat toleransi kafein pada tubuh sebab ada yang mengalami efek seperti pusing, denyut jantung lebih cepat, sering buang air kecil, terjaga sepanjang hari, dan lainya namun sebagian lain tidak mengalami efek serupa atau pengaruhnya tidak terlalu besar.

Advertisement

Terlepas dari tingkat toleransi kafein, mengonsumsinya secara berlebihan dapat memberi efek samping yang buruk bagi tubuh. Salah satu yang paling umum ialah insomnia yang membuat waktu tidur berkurang atau kesulitan untuk tidur.

Selain itu terdapat beberapa efek samping lainnya akibat mengonsumsi kafein berlebihan, selengkapnya simak rangkuman berikut melansir dari Healthline:

1. Kecemasan atau gelisah

Kafein dalam dosis rendah hingga sedang pada sebagian orang dapat meningkatkan kewaspadaan atau kesadaran seseorang, sementara dalam dosis lebih tinggi berpotensi dapat menyebabkan kecemasan atau kegelisahan.

Studi telah menunjukkan asupan kafein yang sangat tinggi sekitar 1.000 mg atau lebih per hari menyebabkan kegugupan, kegelisahan dan gejala serupa juga dapat dialami pada seseorang yang lebih sensitif terhadap kafein, meski hanya mengonsumsi kafein dalam dosis sedang.

2. Masalah pencernaan

Sering kali orang minum kopi di pagi hari untuk membantu buang air besar. Efek pencahar pada kopi ini mengakibatkan pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut guna mempercepat aktivitas di usus besar.

Tak ayal jika mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi akan memicu seseorang untuk buang air besar, diare, bahkan dapat memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD) pada sejumlah orang.

3. Tekanan darah tinggi

Meskipun kafein tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada sebagian besar orang. Namun sebuah studi menemukan kafein dapat meningkatkan tekanan darah sebab efek stimulasinya pada sistem saraf.

Untungnya, efek tersebut hanya sementara meski tidak memungkiri dampak lebih kuat dapat terjadi bagi orang yang tidak terbiasa mengonsumsinya. Hal ini tentu berbahaya sebab tekanan darah tinggi dapat merusak arteri lalu menghambat aliran darah ke jantung dan otak, singkatnya menjadi salah satu faktor risiko serangan jantung dan stroke

4. Ketergantungan terhadap kafein

Penelitian menunjukkan kafein memicu bahan kimia otak tertentu yang hampir sama dengan kokain dan amfetamin, akan tetapi tidak menimbulkan efek kecanduan seperti pada obat-obatan tersebut.

Namun, seseorang yang terbiasa minum kafein dosis tinggi setiap harinya dapat mengalami ketergantungan psikologis atau fisik, sehingga jika tidak mengonsumsi kafein dalam beberapa jam atau sehari memicu rasa sakit kepala, kelelahan, dan gejala lainnya.

Oleh karenanya, agar terhindar dari efek samping tersebut penting untuk memperhatikan jumlah dan waktu mengonsumsi kafein sehingga tidak mengganggu sistem metabolisme dan tubuh bekerja secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Balas Serangan Roket Hamas yang Tewaskan 3 Tentara, Israel Bombardir Rafah

News
| Senin, 06 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement