Advertisement

Bayi Suka Memasukkan Benda ke Mulut, Biarkan atau Hentikan?

ST22
Sabtu, 24 Juni 2023 - 12:37 WIB
Jumali
Bayi Suka Memasukkan Benda ke Mulut, Biarkan atau Hentikan? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Makanan, mainan, alat tulis, tangan, kaki, maupun benda-benda lain suka dimasukkan bayi ke dalam mulut mereka. Fase ini normal dan biasa terjadi mulai usia 3 hingga 5 bulan atau saat bayi mulai bisa meraih atau menggenggam sesuatu dan sering kali langsung menuju mulut.

BACA JUGA: Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi

Advertisement

Menandakan si Kecil sedang berusaha mengenal lingkungan sekitar melalui mulutnya untuk mengenal rasa, tekstur, dan bentuk dari benda tersebut.

Hal ini terjadi karena tangan dan jarinya belum cukup berkembang serta kuat untuk menggenggam, meremas, maupun membelai sesuatu.
Berbeda dengan bibir dan mulutnya yang dipenuhi saraf sensorik sehingga membuat bayi benar-benar merasakan sesuatu, misalnya bagaimana benda tersebut licin atau keras, berbulu atau halus, hangat atau dingin.

Memasukkan benda ke mulut turut membantu memperkuat otot mulut dan membangun sistem kekebalan yang lebih kuat.

Kendati demikian, tetap penting bagi orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjauhkan Si Kecil dari benda yang kecil, tajam, kotor, atau berbahaya agar terhindar dari bahaya tersedak atau infeksi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap membantu mereka belajar Anda dapat memberikan teether dari bahan karet, kayu, atau silikon yang dapat diisi kemudian dibekukan untuk memenuhi keingintahuan bayi mengenal berbagai tekstur dengan mulut mereka.

Ketika anak sudah beranjak lebih besar. Ajari mereka untuk mengerti arti “Tidak” sehingga mereka akan berhenti ketika diminta, namun pastikan Anda memberi instruksi dengan lembut dan tetap terdengar menyenangkan sehingga anak tidak merasa stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi: Duka Cita Mendalam atas Wafatnya Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement