Advertisement

Tradisi Unik di Afrika, Pria Pamer Gigi demi Mencuri Istri

Lajeng Padmaratri
Senin, 26 Juni 2023 - 23:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Tradisi Unik di Afrika, Pria Pamer Gigi demi Mencuri Istri Pria dari suku Wodaabe di Afrika saat Festival Gerewol, di mana mereka pamer gigi demi mencuri istri. - Dailymail

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Biasanya, yang bersolek demi memiliki paras yang paling indah ialah kaum wanita. Namun, di sebuah suku di Afrika, para prialah yang berusaha keras untuk berpenampilan menarik demi menarik pasangan.

Suku Wodaabe di Afrika terkenal dengan para pria yang memperhatikan penampilan di setiap kesempatan. Setahun sekali, mereka mengadakan festival yang disebut Gerewol, di mana laki-laki berkompetisi untuk mencuri istri.

Advertisement

Melansir Dailymail, wanita Wodaabe sangat menghargai mata dan gigi putih, jadi para pria memakai riasan wajah untuk menonjolkan fitur tersebut. Dalam festival itu, para pria juga akan menyeringai dan pamer gigi kepada kaum wanita demi menarik hati.

Festival ini biasanya digelar selama sepekan, dengan para pria menghabiskan berjam-jam menghias diri dengan kunyit dan lipstik hitam agar tampilan mereka lebih menarik. Mereka berkompetisi di hadapan juri wanita yang akan memilih mereka.

Suku ini merupakan pengembara yang dapat ditemukan di sejumlah negara di Afrika, seperti Chad, Nigeria, dan Kamerun.

Menariknya, masyarakat Wodaabe biasanya sudah menikah satu sama lain di usia muda. Bahkan, saat mengikuti festival itu, sebagian besar peserta sudah menikah. Akan tetapi, mereka hidup dalam masyarakat poligami sehingga mengambil pasangan lain adalah hal biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang, Kementerian PPPA Turun Tangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement