Advertisement

Peneliti Ciptakan 'Pisang Super', Diklaim Bisa Menyelamatkan Jutaan Nyawa Anak Malnutrisi

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 07 Juli 2023 - 16:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Peneliti Ciptakan 'Pisang Super', Diklaim Bisa Menyelamatkan Jutaan Nyawa Anak Malnutrisi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KAMPALA—Pisang dikenal sebagai salah satu asupan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Meski sudah mengandung banyak gizi, rupanya ada peneliti yang memodifikasi genetik pisang agar lebih banyak nutrisi.

Mengutip WebMd, setiap satu buah pisang mengandung sekitar 420 mg kalium. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama serta membantu meningkatkan energi. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi penting lain, seperti antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C.

Advertisement

Baru-baru ini, sebuah tim ilmuwan internasional dilaporkan telah menciptakan 'pisang super' yang dimodifikasi secara genetik sehingga mengandung lebih banyak nutrisi, terutama vitamin A. Ternyata, ada cerita di baliknya.

Melansir Oddity Central, kekurangan vitamin A telah menjangkiti negara-negara miskin di Afrika sub-Sahara dan Asia Tenggara selama ratusan tahun. Kondisi itu menghambat pertumbuhan anak-anak, menyebabkan kebutaan dan secara signifikan melemahkan daya tahan mereka terhadap penyakit mematikan yang dapat diobati seperti diare dan campak. Berbeda dengan masalah kekurangan vitamin A di negara-negara maju yang telah hilang berkat suplementasi suplemen.

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa ada 190 juta anak usia prasekolah di seluruh dunia kekurangan vitamin A. Kondisi malnutrisi menyumbang 6% kematian anak usia dini di Afrika.

Uganda adalah salah satu dari beberapa negara Afrika yang berjuang melawan malnutrisi, tetapi juga bisa menjadi sumber obat untuk wabah ini.

Untungnya, solusi yang murah dan layak untuk kekurangan gizi dan kekurangan vitamin A, khususnya, akan tersedia dalam waktu dekat.

Sebuah tim peneliti dari Laboratorium Riset Pertanian Nasional negara Afrika, bekerja sama dengan ilmuwan pertanian Australia James Dale dan Yayasan Bill dan Melinda Gates dilaporkan telah menciptakan pisang yang dimodifikasi secara genetik yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk memerangi malnutrisi.

Proyek Banana21 diluncurkan pada tahun 2005, dan setelah 18 tahun berinvestasi, kini akhirnya menuai hasil. Para ilmuwan berhasil menciptakan pisang yang mampu menyelamatkan jutaan nyawa anak-anak.

Kasus modifikasi genetik pada pohon pisang ini dilakukan agar lebih tahan terhadap hama, jamur atau kekeringan.

Menurut National Geographic, pisang super ini siap dibudidayakan, namun para ilmuwan masih menunggu persetujuan dari pemerintah setempat. Sayangnya, ini mungkin menjadi rintangan tersendiri, mengingat oposisi yang kuat terhadap budidaya makanan hasil rekayasa genetika di Uganda. Di sana, tanaman seperti itu saat ini dilarang keras. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenko Perekonomian: Ada Plafon Rp107 Miliar untuk Beli Alsintan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement