Advertisement

Tingkatkan Peluang Hamil, Ini 5 Makanan Bergizi yang Perlu Dikonsumsi

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 09 Juli 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tingkatkan Peluang Hamil, Ini 5 Makanan Bergizi yang Perlu Dikonsumsi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para ahli menyampaikan untuk meningkatkan kesuburan atau peluang seseorang untuk hamil, perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang bergizi.

Menurut para ahli diet melansir dari Medicaldaily, mengatakan hanya mengandalkan makanan tertentu tidak cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, sebab bisa saja terdapat beberapa faktor mendasar lain yang berperan, salah satunya penyumbatan saluran tuba sehingga menghalangi sperma mencapai sel telur.

Advertisement

Setidaknya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang akan meningkatkan kesehatan reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Berikut beberapa rekomendasi pilihan makanan oleh para ahli untuk mengoptimalkan peluang kehamilan:

Baca juga: Daftar 3 Ikon Baru Akan Dibangun di Selatan DIY, Bakal Jadi Daya Tarik Wisatawan

1. Biji bunga matahari

Tinggi kandungan vitamin E, biji bunga matahari bisa disebut sebagai “penyelamat” kesuburan. Benihnya diketahui mampu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Bahkan folat dan selenium yang membalut biji bunga matahari merupakan kebutuhan utama bagi kesuburan pria dan wanita, begitu pula kandungan asam lemak Omega-6 yang tinggi, efektif untuk meningkatkan kesuburan.

2. Keju tua

Keju tua ditandai dengan indeks nutrisi yang tinggi, serta ditemukannya poliamina jenis protein yang ditemukan dalam produk tumbuhan dan hewan. Manusia secara alami memproduksi protein ini dan memiliki peran penting agar sistem reproduksi berfungsi dengan baik.

Keju matang bahkan disebut mampu meningkatkan produksi sperma serta kemungkinan potensi manfaat untuk meningkatkan kesehatan sel telur, terutama pada wanita berusia 35 tahun ke atas.

3. Produk susu berlemak

Produk susu berlemak, seperti susu murni, keju, dan yogurt, menyimpan manfaat untuk kesuburan bagi mereka yang dapat mentolerirnya. Produk yang kaya akan lemak jenuh ini berperan penting terutama dalam produksi dan regulasi hormon yang membantu fungsi reproduksi.

Terkandung pula vitamin esensial yang larut dalam lemak seperti A, E, D dan K, dimana berfungsi menyeimbangkan hormon dan meningkatkan kualitas telur, selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Studi Harvard menunjukkan wanita yang mengonsumsi produk susu penuh lemak lebih kecil probabilitas mengalami masalah ovulasi daripada mereka yang mengonsumsi produk susu rendah lemak.

4. Delima

Kandungan antioksidan pada delima dianggap memiliki dampak positif pada kesuburan, dimana antioksidan ini membantu meningkatkan aliran darah ke rahim, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk implantasi pada wanita.

Sementara bagi pria, antioksidan dapat meningkatkan kesehatan sperma dengan cara meningkatkan konsentrasi dan motilitas. Delima juga merupakan sumber vitamin penting seperti C, E dan asam folat, yang mendukung konsepsi dan kehamilan yang sehat.

5. Salmon

Salmon, terutama salmon hasil tangkapan liar, merupakan kunci penting bagi siapa pun yang berusaha meningkatkan kesuburan. Ikan rendah merkuri yang kaya akan asam lemak esensial dan omega-3 merupakan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan reproduksi. Kandungan selenium dan vitamin D yang tinggi pada salmon turut berperan penting dalam meningkatkan produksi sperma yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement