Advertisement

Catat! Ini 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo di Wajah

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 17 Juli 2023 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Catat! Ini 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo di Wajah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komedo terjadi ketika pori-pori kulit wajah tersumbat akibat produksi minyak, bakteri, atau sel kulit terlalu banyak. Tak ayal jika tipe kulit berminyak cenderung lebih rentan terhadap komedo. Pertumbuhannya pun tak terbatas di hidung saja namun bisa pula di pipi, dahi, atau dagu.

Sudah merasa perawatan wajah secara rutin tapi komedo masih kembali?

Advertisement

Mungkin masalahnya bukan rutinitas yang kurang tepat melainkan kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari tanpa sadar.

Kira-kira apa saja rutinitas buruk yang dapat menyebabkan komedo di wajah? Simak ulasan berikut ini:

1. Terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah dengan menggunakan sabun cuci muka memang dapat membersihkan debu, kotoran, terutama sebum di kulit. Akan tetapi jika terlalu sering kulit justru akan kering, sensitif atau rentan iritasi, sehingga memungkinkan komedo dapat muncul lebih banyak.

Baca juga: Sosok Budi Arie Setiadi yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menkominfo

2. Menyentuh wajah dan memencet komedo

Perantara bakteri, debu, dan kotoran terbaik ialah tangan. Akibatnya kulit wajah akan ikut terkontaminasi kian memperparah kondisi wajah yang berkomedo. Sementara memencet komedo membuat kulit terluka, meradang karena menekan nanah, kotoran, dan minyak lebih dalam ke kulit begitu juga dengan jaringan parut.

"Alih-alih membersihkan pori yang tersumbat, Anda justru mendorongnya lebih jauh ke bawah, dan itu bisa menyebabkan jaringan parut," kata Joshua Zeichner, seorang ahli dermatologi melalui Web MD.

3. Ponsel yang kotor

Tak jarang saat selesai menelpon kamu menyadari layar ponsel yang tersisa jejak minyak dari wajahmu, belum lagi kotoran lain yang menempel pada ponsel.

Memungkinkan saat ponsel menempel di wajah bakteri atau kotoran semakin masuk kedalam kulit dan menimbulkan komedo, jerawat, bahkan dapat mengiritasi kulit wajah. Kamu bisa beralih menggunakan earbud atau headphone wireless agar tak kontak langsung dengan ponsel yang kotor.

4. Jarang mencuci rambut dan wajah terkena produk rambut

Rajin merawat wajah namun melupakan kebersihan rambut, terutama rambut berminyak yang memungkinkan minyak merembet hingga ke wajah. Begitu pula bila kamu memakai produk seperti sampo, produk anti kusut, hingga gel atau pomade.

Pastikan untuk tidak melewati garis rambut atau tidak sampai mengenai area wajah sebab jika iya dapat menyebabkan jerawat komedo tepat di garis rambut, dahi atau bagian wajah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement