Advertisement

Cara Membaca Masa Subur Perempuan, Kaum Promil Merapat!

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 26 Juli 2023 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Membaca Masa Subur Perempuan, Kaum Promil Merapat! Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mengetahui masa subur adalah salah satu kunci bagi pasangan suami istri yang ingin mendapatkan momongan. Sebab hubungan intim yang dilakukan pada masa subur ini sangat memungkinkan terjadinya pembuahan, sehingga peluang kehamilan besar terjadi.

Untuk mengetahui masa subur seorang perempuan, dapat dilakukan dengan menghitung berdasarkan haid terakhir. Perempuan harus tahu kapan haid atau menstruasi terakhirnya dimulai. Selain itu, perempuan juga perlu paham siklus haidnya, apakah siklus pendek 22 hari atau siklus panjang 28 hari.

Advertisement

Dilansir dari https://dp3appkb.bantulkab.go.id/ pada masa menstruasi, sel telur akan kembali berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa inilah yang disebut dengan ovulasi.

Baca juga: Begini Curhatan Mahasiswa Muslim yang Kuliah di Kampus Katolik, Nyamankah Mereka?

Proses ovulasi terjadi sekitar 12–14 hari sebelum hari pertama menstruasi kamu berikutnya. Sebenarnya kapan ovulasi dimulai tergantung pada siklus menstruasi kamu. Bila kamu memiliki siklus menstruasi yang tergolong singkat, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi bisa terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir.

Jadi, waktu ovulasi tiap wanita bisa berbeda-beda. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui siklus menstruasi kamu agar bisa memperkirakan kapan waktu ovulasi kamu dimulai.

Biasanya, masa subur wanita terjadi sekitar 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dengan kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah hari pertama menstruasi terakhir. Namun, hal tersebut berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sandiaga Angkat Bicara Terkait Syuting Film Artis Korea di Bali yang Terkendala Imigrasi

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement