Advertisement

Simak Sejarah Hari Hepatitis Sedunia yang Diperingati 28 Juli

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 27 Juli 2023 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Simak Sejarah Hari Hepatitis Sedunia yang Diperingati 28 Juli Ilustrasi demam sebagai salah satu tanda-tanda penyakit hepatitis. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day diperingati setiap tanggal 28 Juli. Sejarah Hari Hepatitis Sedunia ini tidak lepas dari hari ulang tahun Dr. Baruch Blumberg yang menemukan virus hepatitis B pada tahun 1967.

Dihimpun dari berbagai sumeber, hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang dapat disebabkan oleh virus hepatitis maupun karena konsumsi alkohol dan obat-obatan. Hepatitis dari virus hepatitis merupakan hepatitis yang menular. Sebaliknya, hepatitis dari alkohol atau obat-obatan tidak menular kecuali jika ada infeksi virus maupun bakteri lain yang menyertainya.

Advertisement

Di dunia banyak dikenal jenis virus hepatitis A, B, dan C. Ketiga jenis virus hepatitis ini dapat menimbulkan gejala penyakit yang hampir sama, namun cara penularan dan proses penyembuhan penyakitnya berbeda-beda. Adapun gejala umum dari penyakit hepatitis adalah demam, mual, nyeri perut, nafsu makan berkurang, cepat lelah, air kencing berwarna seperti teh, serta warna kekuningan pada mata dan kulit.

Baca juga: Mahasiswa Merapat! Kampus Ini Punya Segudang Beasiswa Fully Funded 4 Tahun loh

Kembali berbicara soal sejarah Hari Hepatitis Sedunia, Dr. Blumberg menemukan virus hepatitis B pada tahun 1967 dan dua tahun kemudian mengembangkan vaksin hepatitis B pertama dan untuk pencapaian ini ia berhasil memenangkan Hadiah Nobel.

Hari Hepatitis Sedunia adalah salah satu dari delapan hari kesehatan dunia khusus penyakit resmi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Organisasi di seluruh dunia dan di seluruh Amerika Serikat menggunakan Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini dan apa yang perlu dilakukan untuk memperkuat upaya pencegahan, penapisan dan pengendalian virus hepatitis.

Hepatitis virus adalah ancaman kesehatan global utama dengan perkiraan 296 juta orang yang hidup dengan hepatitis B kronis dan 58 juta orang yang hidup dengan hepatitis C kronis di seluruh dunia pada tahun 2019.

Pada tahun 2023 ini, Hari Hepatitis Sedunia akan diperingati esok hari pada Jumat (28/7/2023). Tujuan peringatan tersebut  untuk meningkatkan kesadaran tentang virus hepatitis, menciptakan peluang untuk mendidik orang tentang beban infeksi dan upaya memerangi virus hepatitis di seluruh dunia.

Itulah sekelumit sejarah Hari Hepatitis Sedunia yang dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk kita.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suami Mutilasi Istri di Ciamis: Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement