Advertisement

Unik! Pengantin di Jerman Punya Tradisi Pecahkan Piring pada Malam Jelang Menikah

Lajeng Padmaratri
Kamis, 10 Agustus 2023 - 20:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Pengantin di Jerman Punya Tradisi Pecahkan Piring pada Malam Jelang Menikah Tradisi pernikahan di Jerman terbilang unik karena pasangan diminta memecahkan piring pada malam jelang pernikahan. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tradisi pernikahan dari berbagai negara ternyata cukup unik. Salah satunya tradisi Jerman memecahkan piring yang disebut Polterabend.

Pernikahan memang kental dengan tradisi. Di Jawa, ada tradisi lempar daun sirih dan menginjak telur. Rupanya, di belahan dunia lain ada tradisi yang berbeda lagi.

Advertisement

Melansir New York Times, orang Jerman punya tradisi memecahkan piring pada malam sebelum pernikahan. Polterabend berarti "malam membuat keributan".

BACA JUGA: Keren! Sajikan Dekorasi Pernikahan Berbahan Serat Alami Terbanyak, Murakabi Craft Cetak Rekor MURI

Salah satu yang melestarikannya ialah pasangan Ingrid Busson-Hall dan Scott-Hall yang menikah 12 tahun lalu. Saat itu, mereka melemparkan piring pertama ke sebuah kotak, kemudian diikuti tamu-tamu mereka. Semua orang diminta membawa piring atau cangkir porselen dari rumah untuk dipecahkan.

"Beberapa tamu meneriakkan harapan baik ketika mereka memecahkan piring," ujar Busson-Hall dikutip dari New York Times.

Setelah itu, pasangan pengantin akan menyapu potongan piring yang keluar kotak bersama-sama. "Ini bagian favorit saya. Ini jadi pengingat bahwa saat membangun kehidupan bersama, banyak hal yang pecah, tetapi tidak cukup kuat untuk memutuskan ikatan pernikahan," jelasnya.

BACA JUGA: Tradisi Unik India, Cari Jodoh di Pasar Pengantin Pria

Asal-usul ritual semacam ini seringkali sulit dilacak. Meski demikian, ahli sejarah di Universitas Vanderbilt, Joel F. Harrington meyakini bahwa tradisi itu merupakan kebiasaan pra-Kristen, yang bertujuan menakuti roh jahat karena suara keras yang dibuat pecahan piring, dan pecahan membawa keberuntungan, yang diinginkan semua orang.

Di sisi lain, bagian di mana pasangan bersama-sama menyapu pecahan untuk mengusir roh jahat itu mewakili tugas bersama pertama di antara pengantin. Itu melambangkan bekerja sebagai tim dalam hidup dan pernikahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement