Advertisement

Ide Ganjar Beri Paspor Biru ke Seniman Disambut Gembira

Media Digital
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ide Ganjar Beri Paspor Biru ke Seniman Disambut Gembira Pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyebut para influencer dan seniman layak mendapatkan paspor biru ditanggapi dengan penuh antusias oleh dua penyanyi sekaligus pencipta lagu kondang Yonanda Frisna Damara dan Vicky Prasetyo. - Ist

Advertisement

SEMARANG—Pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyebut para influencer dan seniman layak mendapatkan paspor biru ditanggapi dengan penuh antusias oleh dua penyanyi sekaligus pencipta lagu kondang Yonanda Frisna Damara dan Vicky Prasetyo.

"Kemudahan dalam melakukan perjalanan ke luar negeri sangat membantu kami para seniman untuk berkembang dalam karier maupun membuat karya-karya kami lebih berwarna," kata Vicky dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (17/8/2023).

Advertisement

Pencipta lagu superhits "Rungkad" ini berharap gagasan bacapres PDIP ini kelak dapat terwujud. Pasalnya, para seniman tersebut bisa menjadi duta bangsa saat menggelar pertunjukan atau memamerkan karya di luar negeri. Dengan begitu, setelah masyarakat internasional mengenal budaya nusantara, maka keinginan mereka untuk datang langsung ke Indonesia bakal semakin kuat.

"Budaya Korea (Selatan) seperti K-Pop dan drakor [drama seri Korea] bisa mendunia karena dukungan pemerintah mereka. Sekarang lihat berapa banyak orang yang ingin berwisata ke Korea Selatan setelah K-Pop dan drakor mendunia?. Indonesia seharusnya bisa melakukan hal yang sama. Mudah-mudahan Pak Ganjar bisa mewujudkan hal tersebut kalau beliau kelak menjadi presiden," harapnya.

Baca juga: Jembatan Terpanjang di Tol Jogja Solo Punya Nama Unik, Ini Lokasinya

Senada, pentolan duo NDX a.k.a Familia, Yonanda Frisna Damara juga menyambut gembira gagasan Gubernur Jateng dua periode ini.

"Seneng banget kalau itu terjadi, Mas. Kita jadi bisa melebarkan sayap," kata pencipta lagu Kimcil Kepolen ini.

Bagi pria asal Bantul, D.I. Yogyakarta ini, bisa tampil dan berkarya di luar negeri adalah impian hampir setiap seniman.

"Kita juga kan, pengen go-internasional. Siapa tahu nanti orang-orang di Korea gantian denger sama nyanyi lagu Jawa," harapnya.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan para influencer dan anak-anak muda yang sukses dalam industri kreatif, layak mendapatkan paspor biru. Hal itu diungkapakan saat menerima influencer dari berbagai penjuru Tanah Air mendatangi Ganjar, di Semarang, Senin (15/8/2023) lalu. Anak-anak muda influencer dari genersi Z (Gen Z) ini menumpahkan unek-unek dan kekhawatiran mereka tentang masa depan, sekaligus meminta saran dan pertimbangan kepada Ganjar.

Apa itu paspor biru?

Paspor biru adalah paspor dinas yang diberikan kepada warga negara yang hendak melakukan perjalanan dalam rangka penempatan atau perjalanan dinas, namun sifatnya tidak diplomatik.

Pemilik paspor biru mendapatkan beberapa kemudahan dibanding pemilik paspor warna hijau.

Sama seperti paspor diplomatik, paspor dinas juga dibuat dan diterbitkan oleh Departemen Luar Negeri. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement