Advertisement

Unik! Di Finlandia, Ada Olahraga Menggendong Istri

Lajeng Padmaratri
Senin, 21 Agustus 2023 - 16:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Di Finlandia, Ada Olahraga Menggendong Istri Olahraga menggendong istri yang dilakukan warga Finlandia. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, HELSINKI—Di Finlandia, ada kompetisi olahraga yang mungkin terlihat tidak biasa bagi kebanyakan orang. Lomba yang disebut Eukonkanto ini melibatkan para suami yang menggendong istrinya dan berlomba melawan suami lainnya.

Melansir Pulse, kompetisi menggendong istri diadakan setiap tahun di Sonkajärvi, Finlandia. Agenda ini biasanya melibatkan peserta dan penonton dari seluruh dunia.

Advertisement

BACA JUGA: Perempuan di Jambi Meninggal karena Kelelahan Usai Lomba Balap Karung

Permainan ini cukup mudah. Peserta laki-laki melewati rintangan sepanjang 253,5 meter sambil membawa rekan satu tim perempuan, biasanya istri, pacar, atau bahkan teman mereka.

Gaya menggendong yang paling umum adalah "gendongan Estonia", di mana peserta yang digendong digantung terbalik dengan kaki melingkari bahu pria dan lengan melingkari pinggang pria.

Perlombaan itu melibatkan rintangan yang menampilkan berbagai tantangan termasuk kolam air, rintangan, dan tanjakan curam. Peserta harus menyusun strategi tentang cara mengatasi rintangan ini secara efisien sambil mempertahankan langkah cepat. Pemenang diputuskan berdasarkan kecepatan, kemahiran dan teknik.

BACA JUGA: Lirik Lagu Rungkad yang Dinyanyikan Putri Ariani di Istana Negara

Hadiah pasangan yang menang adalah bir seberat sang istri.

Konon, asal-usul kompetisi ini berasal dari penjahat legendaris Finlandia bernama Herkko Rosvo-Ronkainen pada akhir abad ke-19. Legenda mengatakan Herkko dan gerombolan pencurinya meminta calon anggota untuk membuktikan kekuatan mereka dengan menyelesaikan kursus yang menantang sambil menggendong seorang wanita.

Tindakan ini, dilihat sebagai cara untuk menguji kecakapan fisik dan kesetiaan seorang pria kepada pasangannya, meletakkan dasar bagi olahraga modern.

Saat ini, Eukonkanto dipandang tidak hanya sebagai acara yang menyenangkan, tetapi juga merupakan bukti ikatan abadi antara pasangan karena menguji kerja tim, komunikasi, dan kemauan untuk menghadapi tantangan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Pulse Nigeria

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement