Advertisement

Sepotong Keju Seberat 2 Kilogram Terjual Rp495 Juta, Jadi yang Termahal di Dunia

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 01 September 2023 - 20:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Sepotong Keju Seberat 2 Kilogram Terjual Rp495 Juta, Jadi yang Termahal di Dunia Keju Cabrales menjadi keju termahal di dunia seharga 33.000 euro atau setara Rp495 juta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, OVIEDO—Sebuah restoran Spanyol baru-baru ini membayar 30.000 euro (Rp 495 juta) untuk sepotong keju buatan tangan seberat 2,2 kilogram. Saking mahalnya, keju ini akhirnya memecahkan rekor dunia baru untuk sepotong keju termahal di dunia.

Melansir Oddity Central, restoran Llagar de Colloto di Kota Oviedo, Spanyol membayar 30.000 euro untuk keju Cabrales, menjadikan keju itu sebagai keju termahal di dunia.

Advertisement

BACA JUGA: Kota Terkecil di Dunia Ada di Kroasia, Luasnya Tak Sampai 1 Hektare

Pertanyaan yang kemudian muncul ialah mengenai bagaimana bisa keju itu menjadi yang termahal di dunia.

Rupanya, keju dengan bahan susu sapi dan kambing itu dibuat dengan tangan dan dimatangkan selama beberapa bulan di sebuah gua di pegunungan Los Picos de Europa di Spanyol utara. Kondisi lembab mendukung berkembangnya jamur mirip penisilin yang memberikan ciri khas garis-garis dan bintik-bintik biru kehijauan.

Keju Cabrales menjadi semakin populer baik di Spanyol maupun di luar negeri, dengan 66.226 kilogram terjual tahun lalu di Uni Eropa saja.

Setiap tahun, pada minggu terakhir bulan Agustus, kota Las Arenas de Cabrales di Spanyol mengadakan kontes lelang keju. Di ajang inilah, keju Cabrales seberat 2,2 kilogram dipilih juri sebagai keju terbaik dari 15 produsen yang berpartisipasi dalam kontes.

BACA JUGA: Inilah Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

Produsen keju pemenang itu, Guillermo Pendás Bada, mengakui bahwa sulit untuk menang di antara produsen yang saling menciptakan keju yang enak. Namun, begitu ia benar-benar memenangkan kontes lelang, ia pun merasa bangga.

Menurutnya, keju Cabrales itu matang setelah disimpan selama 10 bulan di sebuah gua di Los Picos de Europa yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Menariknya, Restoran Llagar de Colloto telah sering mengalahkan semua orang untuk mendapatkan keju Cabrales terbaik selama beberapa tahun sekarang. Pada tahun 2018, restoran ini membayar 14.300 euro (Rp236 juta) untuk pemenang kontes, dan setahun kemudian, restoran ini menghabiskan 20.500 euro (Rp338 juta) untuk keju dengan nilai terbaik. Sekarang, sekali lagi mereka menghabiskan banyak uang untuk membeli keju Cabrales dan memecahkan rekor dunia dalam prosesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement