Advertisement

Setelah Batu Tumis, Kini Viral Es Panggang Jadi Jajanan Pinggir Jalan di China

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 02 September 2023 - 18:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Setelah Batu Tumis, Kini Viral Es Panggang Jadi Jajanan Pinggir Jalan di China Viral kuliner aneh pinggir jalan di China berupa es panggang berbumbu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Setelah beberapa waktu lalu viral makanan aneh dari China berwujud tumis batu berbumbu, kini ada inovasi baru yaitu es panggang. Sontak, foto dan video yang menampilkan kuliner aneh ini ramai dibicarakan di media sosial.

Melansir Oddity Central, dalam video tampak seseorang memanggang es batu dan membumbuinya dengan saus serta rempah-rempah. Video yang beredar di media sosial China itu menyisakan pertanyaan yang belum terjawab.

Advertisement

BACA JUGA: Makanan Unik di China Viral, Ada Batu Kerikil yang Ditumis dengan Bumbu

Menurut sejumlah laporan berita dari China, jajanan kaki lima yang aneh ini menjadi terkenal melalui pengambilan gambar klip pendek di sebuah kedai jajanan kaki lima di Nanchang, Provinsi Jiangxi, China. Di dalamnya kita bisa melihat es batu berukuran besar dimasak di atas panggangan terbuka dan dibumbui dengan saus dan rempah-rempah, sebelum disajikan di piring.

Setelah video aslinya menjadi viral, outlet berita di China berhasil melacak operator kedai jajanan kaki lima tersebut dan mempelajari lebih lanjut tentang hidangan populernya. Rupanya, pria tersebut mendapat ide membuat es panggang di hari yang panas, sebagai cara untuk menenangkan orang.

Rupanya, awalnya hidangan itu dimaksudkan sebagai lelucon, tapi orang-orang akhirnya menyukainya, jadi dia terus membuatnya. Jajanan kaki lima yang aneh ini tidak dipungut biaya apa pun, tetapi orang yang ingin mencobanya harus memesannya terlebih dahulu. Kini, kabarnya yang memesan semakin banyak.

BACA JUGA: Halo Ladies, Yuk Cicip Es Goreng Pak Gatot

Video itu pun ramai dikomentari warganet. “Makanan apa ini?” tanya salah satu warganet.

“Haruskah saya memakannya selagi panas, atau memakannya saat dingin,” komentar warganet lain di Weibo.

Agaknya, penjual tersebut ingin menyamai kuliner khas Indonesia. Di Jogja, sejumlah pedagang di pinggir jalan menjual es goreng, jajanan es stik yang dicelup ke dalam coklat untuk memberikan kesan sehabis digoreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement