Advertisement

7 Pekerjaan Banyak Dicari dalam 5 Tahun ke depan

Newswire
Rabu, 13 September 2023 - 11:37 WIB
Ujang Hasanudin
7 Pekerjaan Banyak Dicari dalam 5 Tahun ke depan Tips bisnis pengusaha - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Seiring dengan perkembangan teknologi turut mengancam pekerjaan manusia. Banyak pekrjaan yang tergantikan dengan komputer dan robot, namun ada juga peluang pekerjaan dengan teknologi baru.

Laporan terbaru dari Forum Ekonomi Dunia menyoroti dampak dari teknologi-teknologi baru dan krisis iklim terhadap perubahan lanskap pekerjaan pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Advertisement

Seiring dengan berkembangnya pasar kerja, penting untuk mengembangkan wawasan, serta mengidentifikasi talenta yang tepat untuk mendorong pertumbuhan dan membuat keputusan yang tepat untuk memilih jalur karier yang sedang naik daun.

Melihat pertumbuhan pekerjaan merupakan pertimbangan penting saat memilih karier. Berikut adalah beberapa pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat yang diproyeksikan akan berkembang dalam lima tahun ke depan.

Simak 7 pekerjaan yang sangat dibutuhkan 5 tahun ke depan:

1. Analis data dan ilmuwan

Dengan meningkatnya ketergantungan pada pengambilan keputusan berbasis data, analis data dan ilmuwan akan terus diminati di seluruh industri.

Mereka bertugas mengumpulkan, memeriksa, dan menganalisis data untuk memberikan analisis yang mendalam untuk membuat keputusan.

2. Spesialis kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin

Industri teknologi sedang berkembang pesat, dan pengembang perangkat lunak memainkan peran penting dalam menciptakan aplikasi dan solusi yang inovatif.

AI dan pembelajaran mesin mengubah industri seperti perawatan kesehatan, keuangan, dan manufaktur. Para ahli di bidang-bidang ini berperan penting dalam mengembangkan algoritma, model prediktif, dan sistem otomasi.

3. Tenaga kesehatan profesional

Industri perawatan kesehatan terus berkembang karena populasi yang menua dan meningkatnya pengetahuan perawatan kesehatan. Pekerjaan di bidang kesehatan, termasuk perawat, asisten dokter, dan ahli teknologi medis, akan mengalami pertumbuhan yang substansial.

4. Pakar keamanan siber

Seiring dengan semakin canggihnya ancaman siber, organisasi mencari ahli keamanan siber untuk melindungi aset digital mereka. Para profesional di bidang ini melindungi dari pelanggaran data dan serangan siber.

5. Penasihat keuangan

Penasihat keuangan membantu individu dan bisnis dalam mengelola keuangan dan investasi mereka. Seiring dengan meningkatnya literasi keuangan, permintaan akan keahlian mereka juga terus meningkat.

6. Teknisi energi terbarukan

Kebutuhan akan tenaga ahli energi terbarukan terus meningkat seiring dengan pergerakan dunia menuju sumber energi terbarukan. Para spesialis ini menyiapkan, merawat, dan memperbaiki perangkat energi bersih termasuk turbin surya dan angin. Profesi ini memberikan peluang bagus dengan fokus pada keberlanjutan dan menurunkan jejak karbon.

7. Spesialis pemasaran digital

Bisnis semakin bergantung pada pemasaran digital untuk menjangkau target pelanggan mereka seiring dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat. Dalam merancang strategi untuk mempromosikan produk dan layanan dalam lanskap digital, membutuhkan keahlian spesialis pemasaran digital, seperti spesialis SEO, pemasaran konten, dan manajer media sosial.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Bea Cukai Tagih Alat Belajar SLB hingga Ratusan Juta, Begini Penjelasan Sri Mulyani

News
| Minggu, 28 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement