Advertisement

Hotel Tanpa Awak di Jepang, Tamu Bisa Masuk dengan Kartu Kereta

Lajeng Padmaratri
Minggu, 22 Oktober 2023 - 21:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Hotel Tanpa Awak di Jepang, Tamu Bisa Masuk dengan Kartu Kereta Hotel B4T Iwaki di Jepang dijalankan tanpa awak, namun mengedepankan modernisasi untuk sistem check in tamu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Beberapa tahun lalu, ada hotel di Jepang yang dijalankan oleh robot. Meski kini sudah tidak ada, namun muncul konsep baru yang menyederhanakan seluruh proses check in dan check out tamu hanya dengan kartu kereta.

Melansir Japan Today, di Jepang ada hotel yang tamunya bisa masuk hanya dengan kartu kereta api antar kota, salah satunya Suica, kartu pintar nirkontak berisi uang elektronik yang digunakan sebagai kartu tarif pada perkeretaapian di negara tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Unik, Penginapan Ini Bisa Berputar 360 Derajat

Hotel bernama B4T Iwaki ini dibuka pada tanggal 15 Januari lalu. Letaknya tepat di atas Stasiun JR Iwaki di Prefektur Fukushima, sehingga memungkinkan siapapun bisa langsung turun dari kereta dan langsung menginap di hotel ini.

Meski tampak mudah, namun ada proses yang harus dilalui. Pertama, tamu harus reservasi kamar secara daring. Pada formulir reservasi, tamu akan dimintai informasi kartu kereta yang dimiliki. Sehingga, jika tidak punya kartu tersebut dan belum mendaftar, maka akan sulit untuk menginap di B4T Iwaki.

Kartu itu nantinya juga digunakan untuk check in. Jadi tamu hanya tinggal tap kartu pada lokasi check in, tap lagi di pintu masuk keamanan utama, dan tap untuk terakhir kalinya di kamar yang dipesan.

BACA JUGA: Bikin Suasana Sejuk, Hotel di Jepang Ini Ciptakan Awan Buatan Sendiri

Meski tanpa awak, namun staf hotel selalu siap sedia membantu lewat obrolan berbasis teks atau obrolan video jika ada hal mendesak.

Ada lima tipe kamar yang tersedia di Hotel B4T Iwaki, yaitu tipe kabin, kamar single, kamar twin, kamar deluxe twin, dan kamar universal twin. Harganya mulai 3.300 yen atau Rp350 ribu hingga 17.500 yen atau sekitar Rp1,9 juta per malam.

Walaupun tanpa awak, namun hotel ini banyak fasilitas, seperti loker penyimpanan gratis, Wi-Fi, pembuat es, microwave, dan mesin penjual otomatis. Selain itu, ada juga restoran yang menyediakan sarapan ala Jepang atau ala Barat. Tertarik berkunjung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Japan Today

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement