Advertisement

Dua Metal Kawakan Eropa Siap Menghajar Panggung Jogjarockarta

Media Digital
Kamis, 25 Januari 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Dua Metal Kawakan Eropa Siap Menghajar Panggung Jogjarockarta Jogjarockarta akan digelar di Stadion Kridosono Jogja 27 Januari 2024

Advertisement

JOGJA—Belum juga selesai gema musik yang dibawakan oleh Sepultura, Over Kill, dan band-band lain di Jogjarockarta 2023, gelaran ke tujuh kali ini akan dihadirkan kembali pada 27 Januari 2024.

Tahun 2024 akan menjadi tahun “panas” di Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu di 2024 akan lebih panas 0,8 derajat dan menjadi tahun terpanas keenam sejak 1880. Di tahun panas mendatang, Jogjarockarta memberi kejutan headliner yang tak kalah panas, yakni dua legenda metal dari tanah Eropa, In Flames dan Kreator.

Advertisement

In Flames adalah band metal asal Gothenburg, Swedia, yang dibentuk pada tahun 1990. Sepanjang kariernya, band yang dianggap sebagai salah satu pionir Swedish death metal ini telah merilis 14 album studio. Album terbaru mereka, Foregone (2022), dipuji oleh banyak kritikus musik dan disebut-sebut sebagai album terbaik mereka sejak 20 tahun terakhir.

“Foregone adalah sebuah pengingat: ketika In Flames ada di puncak kekuatannya, mereka benar-benar tak tersentuh,” tulis Kerrang, seperti dalam keterangan tertulis Rabu (25/1/2024).

In Flames dianggap menjadi salah satu band metal Swedia paling sukses dan berpengaruh di jagat. Mereka telah menjual dua juta kopi album, dan mendapat tiga nominasi Grammy Award –-penghargaan musik Swedia– dan memenangkan dua untuk kategori Album Hard Rock / Metal Terbaik.

Sekarang, setelah melewati 33 tahun perjalanan, pasukan metal dari Swedia ini beranggotakan Bjorn Gelotte (gitar), Anders Friden (vokalis), Tanner Wayne (drum), dan Chris Broderick (gitar).

BACA JUGA: Pemda DIY Anggarkan Rp2,5 Triliun Untuk Belanja Barang dan Jasa Dalam Negeri

Sedangkan Kreator, nyaris tak ada penggemar metal yang tak tahu nama mereka. Dibentuk di Essen, Jerman, pada 1982, raksasa dari Jerman ini dianggap satu dari Big Four thrash metal di kawasan Teutonik.

Didirikan oleh Mille Petrozza (gitar dan vokal) yang masih bertahan sampai sekarang, Kreator konsisten di jalur thrash metal dan menyediakan bahu bagi para band thrash generasi berikutnya. Diskografi yang merentang hingga 15 album, dengan yang terbaru Hate Uber Alles (2022), dan telah terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia, membuat Kreator tetap jadi jujugan bagi mereka yang bertungkus lumus di ranah thrash metal.

Setelah melewati beberapa kali bongkar pasang personel, Kreator kini diperkuat oleh Jürgen "Ventor" Reil (drum), Sami Yli-Sirniö (gitar), dan Frédéric Leclercq (bass). Kedatangan mereka ke Jogjarockarta tentu sudah ditunggu oleh para pecinta rock dan metal.

Kehadiran In Flames dan Kreator di Jogjarockarta 2024 akan menjadi sebuah momen bersejarah bagi para penggemar metal di Indonesia. Kedua band ini telah menjadi inspirasi bagi banyak band metal di Indonesia, dan kehadiran mereka di Jogjarockarta 2024 akan menjadi sebuah kesempatan untuk menyaksikan penampilan mereka secara langsung.

"Kami sangat senang bisa menghadirkan In Flames dan Kreator di Jogjarockarta 2024, Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para penggemar metal di Indonesia,” kata Anas S. Alimi, pendiri Rajawali Indonesia.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jogjarockarta edisi ketujuh ini juga akan menghadirkan parade band rock dan metal terbaik dari Indonesia. “Nanti, kalau sudah waktunya, akan kami kabari secepatnya,” kata Anas.

Saat ini, pembelian tiket Presale 1 seharga Rp350.000 masih dibuka meski kuota sudah menipis. Sebelumnya, tiket Early Bird seharga Rp250.000 sudah ludes. Jadi, sebelum kehabisan, ada baiknya segera amankan tiket ini di www.jogjarockartafestival.com. 

Periode penjualan tiket yang akan dirilis selanjutnya adalah tiket Presale 2 seharga Rp500.000 dan tiket Regular seharga Rp750.000. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement