Advertisement

Kisah Mualaf Dian Sastro, Mencari Jalan Tuhan sejak SMA, Pelajari Semua Agama

Redaksi
Minggu, 17 Maret 2024 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Kisah Mualaf Dian Sastro, Mencari Jalan Tuhan sejak SMA, Pelajari Semua Agama Dian Sastrowardoyo. - Ist/ Instagram @therealdisastr

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aktris cantik Dian Sastro baru-baru ini membagikan pengalaman saat dirinya menetapkan untuk menjadi mualaf dan memeluk agama Islam.

Dian lahir dari kedua orang yang memiliki perbedaan agama. Ibunya memeluk agama Katolik dan ayahnya beragama Buddha.

Advertisement

Pemeran Jeng Yah dalam serial Gadis Kretek itu mengalami kelabilan dalam menentukan agama yang ingin diimaninya, lantaran sempat mendalami ajaran agama Kristen.

“Digedein dikeluarga yang warna-warni nih. Gua digedein Katolik sama nyokap gue. Sampai sakramen komuni sampai baptis komuni,” kata Dian saat podcast di akun Youtube CURHAT BANG Denny, dikutip Minggu (17/3/2024).

Dia sempat berprasangka bahwa agama Buddha adalah panggilan hidupnya. Ketika SMA, pemeran film AADC itu mempelajari ilmu filsafat untuk mencari jawaban tentang kecocokannya untuk memeluk agama.

Tak tanggung-tanggung, dia mempelajari semua agama yang ada di Indonesia agar mendapatkan secercah jawaban yang tepat. Dian merasa siap menjalani salah satu agama ketika menemukan sosok pemimpin yang bisa menjawab segala pertanyaannya. “Aku tuh pengin tanya ‘kenapa kita harus hidup’ pokoknya repot banget sih. Aku pengen terjawab pertanyaan-pertanyaan kayak gitu,” jelas Dian.

“Akhirnya gue nyari [jawaban] di Buddha, di Hindu. Tetapi belum kejawab juga. Jadi emang jodoh-jodohan gitu. Semuanya [agama] gua pelajari,” sambung Dian.

Titik tercerahnya Dian Sastro adalah saat diajak oleh tantenya untuk mengikuti pengajian. Di sana, dia langsung mencurahkan semua kesedihannya tentang tujuan hidup dan eksistensi ketuhanan.

BACA JUGA: Dian Sastro Berharap Industri Film Berkontribusi pada Kemajuan Bangsa

Sang ustaz yang hadir pada saat pengajian itu memberikan jawaban yang mampu menyentuh hati dan pikiran Dian. “Tiba-tiba dibukalah ada [salah satu] ayat Al-Qur’an. Gua juga lupa ayatnya apa. Tetapi pokoknya dia menjawab dengan sangat filosofis dan sangat logis, dan gua sangat ga nyangka ke jawabnya sama pemuka agama Islam,” cerita Dian.

Aktris yang lahir pada 16 Maret itu meminta bimbingan kepada sang ustaz untuk mendalami agama Islam.

Dian yang saat itu menginjak umur 21 tahun mulai secara bertahap menghafalkan beberapa surat dalam Al-Qur’an, salah satunya adalah surat Al-Fatihah.. Uniknya, lebih mudah untuk memahami setiap arti atau makna pada surat karena kesulitan dalam membaca tulisan Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement