Advertisement

Rumah Ini Lebarnya Hanya 1 Meter, Rupanya Dibangun karena Dendam pada Tetangga

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 23 Maret 2024 - 09:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Rumah Ini Lebarnya Hanya 1 Meter, Rupanya Dibangun karena Dendam pada Tetangga Casa du Currivu, bangunan yang menyandang gelar tidak resmi sebagai rumah tersempit di dunia karena lebarnya hanya satu meter. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, PALERMO—Ada sebuah bangunan unik di Kota Palermo, Pulau Sisilia di Italia. Bangunan itu menyandang gelar tidak resmi sebagai “rumah tersempit di dunia” karena lebarnya hanya satu meter.

Rumah itu dijuluki Casa du Currivu atau House of Spite yang maknanya “Rumah Dendam”. Pasalnya, kisah di baliknya berkaitan dengan perselisihan antar-tetangga.

Advertisement

BACA JUGA: Unik! Komunitas Motor Ini Rutin Riding Bareng ke Masjid untuk Salat Subuh Berjemaah

Casa du Currivu berada di Desa Petralia Sottana, sebuah desa kecil berpenduduk sekitar 2.000 orang di jantung pegunungan Madonie di Provinsi Palermo. Rumah itu menjulang tinggi namun penampakannya ganjil, karena bangunannya yang sempit.

Itu adalah rumah dua lantai dengan lantai dasar normal dan lantai kedua yang tidak biasa. Pasalnya, lantai atas rumah itu lebarnya hanya sekitar 3 kaki atau satu meter saja. Dengan ukuran tersebut, rumah itu tidak cukup lebar untuk dilewati dua orang, apalagi tinggal dan beraktivitas di dalamnya sepanjang waktu.

Dilansir dari Oddity Central, legenda lokal menyebutkan bahwa bangunan tipis tersebut diduga hanya dirancang untuk menghalangi pandangan jendela tetangga setelah terjadi pertengkaran.

Meskipun kisah pasti tentang Casa du Currivu telah dilupakan, diyakini bahwa rumah aneh tersebut dibangun sekitar tahun 1950-an, menyusul perselisihan antara dua tetangga di sana.

Pada masa itu, bukanlah hal yang aneh bagi orang-orang untuk memperluas tempat tinggal mereka secara vertikal, dengan menambahkan satu lantai lagi. Hanya saja untuk melakukan hal tersebut, seseorang harus mendapatkan persetujuan dari tetangga sebelah. Dalam kasus khusus ini, pemilik Casa du Currivu gagal mendapatkan persetujuan dari salah satu tetangganya dan memutuskan untuk membalas dendam.

BACA JUGA: J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan

Meskipun membangun lantai dua di sebelah bangunan yang bersebelahan memerlukan persetujuan tetangga, melakukan hal tersebut pada jarak tertentu dari bangunan yang berdekatan tidak memerlukan izin apa pun.

Akhirnya, pemilik Casa du Currivu yang merasa tersinggung kemudian membangun rumah setipis mungkin, namun tidak menempel ke rumah tetangga, hanya agar dia dapat menghalangi pandangan tetangganya. Pemiliknya sepenuhnya memahami bahwa dia tidak akan pernah bisa menggunakan lantai sebagai tempat tinggal, namun memang bukan itu tujuan pembangunan lantai kedua itu.

Casa du Currivu sebenarnya kosong di dalamnya. Ruangan itu hanya memiliki beberapa jendela dan tangga, tetapi tidak ada perkakas apa pun di dalamnya. Itu dibangun karena dendam, hanya untuk merepotkan tetangga.

Saat ini, Casa du Currivu menjadi salah satu bangunan paling terkenal di Sisilia. Menariknya lagi, banyak pengunjung yang penasaran dengan wujudnya sehingga bangunan itu menjadi salah satu atraksi wisata utama Petralia Sottana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement