Advertisement

Berpuasa di Musim Hujan, Gunakan Ramuan Jahe untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Newswire
Kamis, 28 Maret 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Berpuasa di Musim Hujan, Gunakan Ramuan Jahe untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh Ramuan jahe / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, Jakarta—Beribadah puasa pada musim hujan harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak rentan terkena flu.

Ramuan jahe bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga cocok dikonsumsi saat menjalani ibadah puasa Ramadan ketika musim hujan, kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, M.Si.

Advertisement

“Dengan minum ramuan yang memiliki kandungan jahe dapat mempercepat penyembuhan, hingga bisa membantu badan agar lebih kuat dan tidak mudah terjangkit infeksi. Jadi di masa yang sering hujan dan dingin kita membutuhkan minuman yang dapat memberikan kehangatannya ke tubuh kita dan menguatkan imunitas,” kata dokter lulusan Universitas Indonesia tersebut, Kamis, (28/3/2024).

Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang tinggi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Di Indonesia, jahe dikenal sebagai tanaman obat tradisional yang membantu mempercepat penyembuhan masalah kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Inggrid menambahkan ramuan herbal yang mengandung jahe bisa mudah disiapkan sendiri di rumah karena bahan-bahannya mudah didapat. Ramuan tersebut dapat bertindak sebagai imunomodulator, yaitu zat atau substansi yang membantu mengatur respons imun tubuh sehingga memperkuat pertahanan alami tubuh kita.

BACA JUGA: Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, Inggrid menyarankan membuat ramuan herbal yang terdiri dari 40 gram jahe, 3 gram daun teh hitam kering, 1 gram daun stevia kering, ketumbar, satu buah jeruk nipis, satu sendok teh madu dan air.

Ramuan jahe tersebut bisa dibuat dengan merebus 500 mililiter air sampai mendidih, kemudian masukkan jahe yang sudah diiris dan dikupas, dua sendok teh ketumbar yang sudah diulek kasar, daun teh kering dan daun stevia kering. Rebus bahan-bahan tersebut selama 10 sampai 15 menit.

Setelah mendidih, tuang ramuan jahe ke gelas, tambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Setelah diaduk sampai merata, ramuan jahe tersebut bisa diminum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement