Advertisement

Tips Menjaga Pola Hidup bagi Penderita Glaukoma

Newswire
Sabtu, 27 April 2024 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Tips Menjaga Pola Hidup bagi Penderita Glaukoma Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bagi penderita glukoma penting untuk menjaga aktivitas dan pola hidup sehari-hari untuk menaga tekanan bola mata.

Glaukoma, sering disebut sebagai “pencuri penglihatan diam-diam”, adalah sekelompok kondisi mata yang merusak saraf optik, yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara progresif.

Advertisement

Ditulis laman Hindustan Times, Sabtu, Ahli Bedah Mata dan Consults on Practo Dr Swati Agarwal mengatakan setiap individu harus memahami tantangan yang dihadapi saat didiagnosis glaukoma dan harus menyadari untuk mempertahankan kualitas hidup dengan manajemen glaukoma yang tepat.

Ia memberikan rekomendasi untuk mengatasi glaukoma yakni melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

Deteksi dini adalah kunci untuk menangani glaukoma. Jadwalkan pemeriksaan mata secara rutin dengan dokter mata untuk memantau kesehatan mata dan mendeteksi adanya perubahan pada kondisi Anda.

Kedua, patuhi dan ikuti rencana perawatan secara rutin. Perawatan glaukoma sering kali melibatkan obat tetes mata, obat oral, terapi laser, atau pembedahan.

Sangat penting untuk mengikuti rekomendasi dokter dan mematuhi rencana perawatan Anda untuk mengontrol tekanan intraokular dan mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.

Selain itu Agarwal mengatakan penting juga untuk pantau tekanan intraokular, yaitu perubahan struktural dan fungsional pada saraf optik.

BACA JUGA: Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Layar Gadget

Ini menunjukkan tanda memburuknya glaukoma dan mungkin memerlukan penyesuaian pada rencana perawatan Anda.

Memilih untuk menjalani gaya hidup sehat juga bisa menjadi jalan terbaik yang bisa diambil jika anda didiagnosis menderita glaukoma. Konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga dan hindari stres serta jauhi rokok.

Ia juga menyarankan untuk bergabung dengan kelompok dukungan atau terhubung dengan orang lain yang menderita glaukoma.

Berbagi pengalaman dan tips dengan orang lain dapat memberikan dukungan emosional yang berharga dan nasihat praktis untuk mengatasi kondisi tersebut.

Terakhir, tetaplah terinformasi mengenai glaukoma dan terus dapatkan informasi tentang kemajuan dalam pilihan pengobatan.

Pengetahuan dapat memberdayakan Anda untuk mengambil peran aktif dalam mengelola kesehatan mata dan membuat keputusan yang tepat mengenai perawatan Anda.

Dengan memasukkan tips-tips ini ke dalam rutinitas harian dan bekerja sama dengan tim perawatan mata, Anda dapat mengatasi glaukoma secara efektif dan mempertahankan kualitas hidup yang tinggi.

"Ingat, deteksi dini dan penanganan proaktif adalah kunci untuk mempertahankan penglihatan Anda selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Agarwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement