Advertisement

Sinyal Wifi Rumah Mendadak Lelet, Ini Solusinya

Redaksi
Kamis, 02 Mei 2024 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Sinyal Wifi Rumah Mendadak Lelet, Ini Solusinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Koneksi wifi yang kuat kini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Sayangnya, tak jarang sinyal Internet wifi di rumah Anda lelet atau tidak stabil. Ini jelas bikin frustrasi dalam menjalankan aktivitas daring.

Solusinya, jangan dulu mengganti router.

Advertisement

Dirangkum dari berbagai sumber beberapa tip dan trik yang dapat membantu memperkuat sinyal wifi Anda di rumah.

Pindahkan Lokasi Modem

Lokasi dari modem wifi secara signifikan memengaruhi kekuatan sinyalnya.. itulah sebabnya, tempatkan modem tersebut di tempat yang tinggi dari tanah dengan ruang terbuka dan sedikit halangan.

Tidak direkomendasikan menempatkan modem Anda di lantai. Jika Anda tinggal di rumah bertingkat, idealnya letakkan modem Anda di lantai kedua jauh dari beton atau bata. Semakin padat barang di sekitar modem Anda, semakin tinggi kehilangan sinyalnya.

Perbarui Router

Sebagai informasi, router adalah perangkat yang terhubung dengan modem yang disediakan oleh penyedia layanan Internet (ISP) Anda, perangkat ini mengarahkan akses Internet ke seluruh rumah Anda,

Jika Anda secara konsisten mendapatkan kecepatan broadband yang buruk, atau bahkan terus mengalami masalah koneksi, maka kemungkinan penyebabnya adalah router Anda sudah lama dan usang.

Teknologi terus berkembang, dan jika Anda telah menjadi pelanggan penyedia layanan Internet (ISP) untuk waktu yang lama, maka pelanggan baru mungkin mendapatkan router yang lebih baik daripada yang Anda gunakan saat ini. Ruter lama yang disediakan oleh penyedia broadband Anda mungkin tidak memiliki kekuatan atau jangkauan nirkabel seperti model-model baru.

Misalnya, jika Anda baru saja membeli laptop baru, kemungkinan besar mendukung standar nirkabel AC terbaru, sementara ruter Anda mungkin hanya mendukung standar nirkabel N yang lebih lama.

Ini berarti router Anda tidak akan memberikan kecepatan nirkabel yang lebih cepat dan cakupan yang lebih luas yang ditawarkan oleh standar nirkabel AC yang baru.

Mengubah modem Anda dari frekuensi 2.4 GHz ke frekuensi 5 GHz akan meningkatkan kecepatan Internet, menghasilkan lebih banyak bandwidth dan mengurangi gangguan.

BACA JUGA: Mengatasi Masalah WiFi Lemot di Ponsel dan Laptop, Ini Caranya

Kemungkinan, router Anda akan berada pada pita 2.4Ghz secara manual. Ubah ke pita 5Ghz, simpan, dan keluar, dan lihat apakah ini membuat perbedaan.

5Ghz umumnya menawarkan kecepatan yang lebih cepat, tetapi kekurangannya adalah bahwa tidak sejauh atau sekuat dalam menembus halangan seperti 2.4Ghz. Jadi, Anda mungkin menemukan bahwa kecepatan dan kinerja meningkat di beberapa area rumah Anda, tetapi tidak di area lain.

Ganti Kata Sandi Secara Berkala dan Perkuat Kata Sandi

Jika tidak memperkuat kata sandi wifi, mungkin akan ada orang yang tidak diundang masuk ke jaringan Anda dan menghabiskan bandwidth Anda.

Semakin banyak pengguna atau perangkat di jaringan wifi Anda, maka semakin lambat kecepatan wifi Anda, jadi pastikan Anda memiliki kata sandi yang kuat untuk mencegah penyusup.

Perbarui Firmware Router

Firmware router merupakan perangkat lunak yang tertanam dalam router Anda untuk membantu operasinya. Hal ini bisa memengaruhi sinyal wifi Anda.

Anda dapat memeriksa jika pembaruan tersedia dengan mengakses pengaturan wifi menggunakan browser web Anda dan alamat IP router Anda.

Ini adalah tempat yang sama di mana Anda awalnya mengatur modem/router dan kredensial login, dan instruksi spesifik untuk merek dan model router Anda harus disertakan dalam kotak produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mantan Menteri Pertanian SYL Beri Uang Pelicin WTP Rp12 Miliar, BPK Periksa Auditornya

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement