Advertisement

Setop Kebiasaan Negative Thinking Jika Tak Ingin Terserang Gangguan Kesehatan Ini

Mia Chitra Dinisari
Senin, 06 Mei 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Setop Kebiasaan Negative Thinking Jika Tak Ingin Terserang Gangguan Kesehatan Ini Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jika Anda terbiasa berpikir negatif atau negative thinking, maka bersiap-siaplah terganggu oleh sejumlah gangguan kesehatan fisik berikut ini.

Tidak hanya memengaruhi suasana hati, kebiasaan negative thinking juga dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik Anda.

Advertisement

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicine and Life menunjukkan bahwa pikiran dan emosi negatif yang kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari masalah tiroid hingga tekanan darah tinggi.

Berikut lima penyakit yang bisa terjadi akibat berpikir negatif.

​Masalah tiroid

Berpikir negatif dapat memengaruhi fungsi kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme, tingkat energi, dan suasana hati.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, stres kronis dan emosi negatif dapat mengganggu keseimbangan hormon tiroid dalam tubuh, sehingga menyebabkan kondisi seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan gejala seperti kelelahan, penambahan atau penurunan berat badan, dan perubahan suasana hati.

​Detak jantung cepat

Berpikir negatif terus-menerus dapat memicu respons stres tubuh sehingga menyebabkan peningkatan detak jantung.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa stres kronis dan emosi negatif dapat berkontribusi terhadap perkembangan masalah kardiovaskular, termasuk detak jantung yang cepat (takikardia).

Seiring waktu, hal ini dapat meningkatkan risiko kondisi jantung yang lebih serius seperti penyakit jantung dan serangan jantung.

​Masalah pencernaan

Kesehatan usus Anda terkait erat dengan kesejahteraan emosional Anda, dan pemikiran negatif dapat berbahaya bagi sistem pencernaan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa stres dan emosi negatif dapat mengganggu keseimbangan bakteri di usus, sehingga menyebabkan masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), refluks asam, dan sakit maag.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology menemukan korelasi kuat antara stres psikologis dan perkembangan gangguan pencernaan.

​Tekanan darah tinggi

Berpikir negatif kronis dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan risiko hipertensi dan masalah kardiovaskular lainnya. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension menemukan bahwa individu yang mengalami emosi negatif terus-menerus lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA: Perhatikan Gejala dan Dampak Depresi pada Pekerja agar Segera Tertangani

Emosi negatif memicu respons stres tubuh sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit dan tekanan darah meningkat

​Nyeri punggung bagian bawah

Emosi negatif seperti stres, kecemasan, dan depresi dapat memperburuk nyeri punggung bawah. Menurut sebuah penelitian di European Journal of Pain, individu dengan emosi negatif kronis lebih mungkin mengalami nyeri punggung bawah yang berkepanjangan.

Kaitan antara emosi negatif dan nyeri punggung bagian bawah diduga terkait dengan peningkatan ketegangan otot dan peradangan akibat respons stres tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement