Advertisement

Inilah Bacaan Doa Melepas Keberangkatan Jemaah Haji

Lajeng Padmaratri
Selasa, 07 Mei 2024 - 18:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Inilah Bacaan Doa Melepas Keberangkatan Jemaah Haji Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jemaah haji Indonesia tahun 2024 akan mulai berangkat ke Tanah Suci mulai 12 Mei mendatang bagi kloter pertama. Proses pemberangkatan tersebut akan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

Ibadah haji memang berbeda dengan rukun Islam lainnya, karena tidak hanya memerlukan kesiapan fisik, namun juga kesiapan materi, ilmu, dan spiritual. Oleh karena itu, Allah swt mewajibkan ibadah yang satu ini hanya kepada orang-orang yang benar-benar siap dengan memiliki bekal yang cukup dan keadaan yang mental yang sehat, sejak ia berangkat hingga pulang.

Advertisement

BACA JUGA: Catat! Ini Jadwal Perjalanan Ibadah Haji 2024

Sebelum berangkat, jemaah haji asal Indonesia lazim mengadakan walimatus safar haji sebelum keberangkatan. Jemaah haji menggelar doa bersama untuk kemaslahatan ibadah haji yang bersangkutan dan keluarga yang ditinggalkan selama ibadah haji. 

Doa bersama ini digelar sebagai rasa syukur telah diberikan kemampuan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, yang bersangkutan memohon doa agar diberikan keselamatan serta kesehatan selama di Tanah Suci.

Untuk itu, kerabat, sahabat, dan keluarga jamaah haji dianjurkan untuk melepas calon jamaah dengan doa Rasulullah SAW yang dilansir dari laman NU Online berikut ini.

Doa melepas jemaah berangkat haji:

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ 

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya :

“Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

Doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika salah seorang sahabat Rasulullah SAW menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh.

BACA JUGA: Penipuan Berkedok Ibadah Haji Kian Marak, Kemenag Sleman: Belum Ada Korban

Doa tersebut diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini:

 وروينا في كتاب الترمذي، عن أنس رضي الله قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: يارسول الله، إني أريد سفرا فزودني، فقال: "زودك الله التقوى"، قال: زدني، قال: "وغفر ذنبك"، قال: زدني، قال: "ويسر لك الخير حيثما كنت" قال الترمذي: حديث حسن

Artinya:

“Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Demikian doa untuk melepas keberangkatan jemaah haji menurut Rasulullah SAW. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : NU Online

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement