Advertisement

Wah Ternyata Belanjaan Terbanyak saat Ramadan adalah Mainan

Newswire
Kamis, 17 Mei 2018 - 12:35 WIB
Maya Herawati
Wah Ternyata Belanjaan Terbanyak saat Ramadan adalah Mainan Ilustrasi mainan anak-anak - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Siapa bilang belanjaan terbanyak nonpangan saat puasa adalah benda elektronik. Anggapan itu salah.

Criteo, perusahaan yang bergerak pada platform iklan digital, menemukan pergeseran menarik saat Ramadan tahun lalu, yakni mainan ternyata menjadi produk yang paling banyak.

Advertisement

Ramadan 2017 lalu, berdasarkan penjualan di berbagai e-commerce, Criteo menemukan kategori Toys & Games di Indonesia mengalami kenaikan saat Ramadan dibandingkan bulan biasa, mencapai 91%.

Kategori mainan ini melampaui barang-barang elektronik yang biasanya menjadi primadona menjelang Lebaran, hanya 24%.

Criteo melihat fenomena ini terjadi bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia Tenggara secara umum yang angkanya naik hingga 62%.

Manajer Umum Criteo Asia Tenggara, Hong Kong dan Taiwan, Alban Villani, berpendapat salah satu penyebab tingginya belanja mainan adalah karena banyak yang ingin membelikan hadiah baik untuk anak, keluarga maupun diri sendiri.

Selain itu, generasi milenial, kata Villani, saat ini umumnya sudah memiliki penghasilan sendiri sehingga mereka meneruskan hobi mereka untuk membeli mainan.

Sayang, Criteo tidak memiliki data mengenai permainan apa saja yang banyak diminati konsumen dan hanya memastikan permainan tersebut bukan berupa game di ponsel, melainkan permainan yang dapat dinikmati secara langsung, termasuk console game.

Di Indonesia, kategori produk terlaris kedua saat Ramadan adalah Home & Living, sebanyak 39 persen, disusul oleh produk kecantikan dan kesehatan sebanyak 35%.

Villani menduga barang elektronik tidak lagi berada di urutan teratas karena produk tersebut dapat digunakan selama beberapa tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyalahgunaan Narkoba: Polresta Jogja Tangkap 7 Orang, Sita Sabu hingga Obar Berbahaya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement