Advertisement

Tanpa Minum Obat, Begini Cara Alami Redakan Nyeri Haid

Chelin Indra Sushmita
Selasa, 15 Januari 2019 - 16:57 WIB
Nina Atmasari
Tanpa Minum Obat, Begini Cara Alami Redakan Nyeri Haid Ilustrasi wanita yang sedang nyeri haid (Youtube)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Haid sering diikuti rasa nyeri pada perut, terutama pada hari-hari awal. Hal ini biasa terjadi. Rasa nyeri tersebut muncul karena proses peluruhan dinding rahim. Tak jarang, rasa nyeri ini membuat wanita tidak bisa berkativitas lain seperti biasanya.

Jika sudah begini, seorang wanita biasanya akan meminum obat pereda nyeri. Obat tersebut memang ampuh meredakan nyeri haid. Namun, sebenarnya rasa nyeri tersebut bakal hilang dengan sendirinya tanpa perlu meminum obat.

Advertisement

Tetapi, jika rasa nyeri itu amat menyiksa, Anda bisa mengatasinya dengan cara alami. Tanpa perlu minum obat, rasa nyeri akibat menstruasi bisa dihilangkan. Mau tahu caranya? Simak ulasan yang dihimpun dari Her, Senin (14/1/2019), berikut:

Minum air hangat

Tubuh mengeluarkan banyak cairan saat sedang haid. Jadi, Anda harus minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Nah, minumlah air putih hangat untuk memberikan rasa nyaman di bagian perut. Hindari konsumsi minuman dingin sementara waktu agar perut tidak kembung.

Kompres air hangat

Jika nyeri yang muncul sangat menyiksa, cobalah mengompres perut dengan air hangat. Caranya, masukkan air hangat ke dalam botol dan tempelkan ke perut. Cara ini akan membuat tubuh terasa lebih nyaman dan rileks.

Hindari soda dan kafein

Hindari minuman bersoda dan kafein saat sedang haid. Minuman bersoda menyebabkan kembung dan resistensi air sehingga memperparah nyeri haid. Sementara minuman berkafein seperti kopi menyebabkan otot tegang. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi minuman jahe atau jeruk hangat untuk mengurangi nyeri dan memberi efek menangkan.

Istirahat

Perbanyak istirahat agar nyeri haid tidak semakin parah. Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang terlalu menguras energi. Manfaatkan waktu luang untuk beristirahat agar nyeri haid cepat sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement