Advertisement

PARENTING: Melatih Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Manfaatnya

Newswire
Minggu, 20 Januari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Melatih Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Banyak Manfaatnya Ilustrasi bersih-bersih rumah - ist/cleanmyspace

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kemandirian anak bisa diajarkan dari hal-hal kecil misalnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Selain meringankan beban ibu, melatih anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga bisa menjadi bekal saat anak tumbuh dewasa. Hal ini diungkapkan psikolog anak, Vera Itabiliana.

Advertisement

"Manfaat yang pertama memang pekerjaan ibu menjadi lebih ringan. Kedua, anak menjadi lebih mandiri sehingga tidak kaget saat mengemban tugas menjadi ibu saat dewasa," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Sebenarnya, lanjut Vera, anak-anak senang jika orangtua mempersilakannya melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, menyapu, atau membersihkan tempat tidur. Namun tak sedikit orangtua yang melarang, karena dianggap akan membuat pekerjaan lebih lama untuk diselesaikan.

"Banyak orang tua, khususnya ibu yang menganggap bahwa anak-anak tak perlu melakukan tugas rumah tangga karena dirasa terlalu kecil. Justru jika didukung, anak akan mendapat konsep diri yang positif dan merasa bangga karena sang ibu mempercayai kemampuannya," katanya.

Oleh karena itu Vera berharap agar para ibu di Indonesia mulai melibatkan anaknya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. "Mulai dari hal kecil seperti membersihkan tempat tidur atau mencuci piring setelah makan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement