Advertisement

Agar Rasa Cemburu Anda Tidak Merusak Hubungan, Simak Cara Ini

Tika Anggreni Purba
Senin, 21 Januari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Agar Rasa Cemburu Anda Tidak Merusak Hubungan, Simak Cara Ini Ilustrasi - Becomegorgeous

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Cemburu dalam hubungan pernikahan adalah hal yang wajar, tandanya cinta. Akan tetapi, kecemburuan yang tidak pada tempatnya atau tidak dikelola dengan baik, bisa menjadi bahaya bagi pernikahan.

Kecemburuan bisa menjadi perusak hubungan apabila pasangan tidak merespons hal ini dengan cara yang tepat. Respons yang tidak benar dapat menimbulkan rasa tidak percaya pada pasangan. Karena itu, sebaiknya jangan anggap remeh masalah cemburu ini.

Advertisement

Bagaimana cara menghadapi kecemburuan agar hal itu tidak merusak hubungan? Berikut ini caranya dilansir Psychology Today:

1. Hindari sikap emosional dan menyalahkan

Saat pasangan Anda cemburu artinya dia sedang berada pada fase emosional. Untuk menghadapi ini, Anda tidak bisa menjadi lebih emosional. Usahakan untuk tidak menyalahkan dia atas perasaan cemburunya.

Banyak pasangan yang biasanya tidak bisa menerima kecemburuan pasangan sehingga menyalahkan pasangannya. “Jangan bertindak bodoh dan kekanakan seperti itu,” atau “Mana mungkin aku membohongi kamu,” kalimat seperti ini sebaiknya dihindari.

Sebaliknya katakan padanya ungkapan yang membuat dia yakin bahwa Anda sangat mencintainya dan tidak akan pernah mengkhianatinya.

2.  Puji pasangan

Apabila pasangan Anda cemburu akut pada orang yang dianggapnya memiliki kelebihan dibandingkan dengan dirinya, cobalah untuk memuji pasangan Anda. Bukan maksudnya merendahkan orang lain, tetapi untuk mengatasi kecemburuan pasangan, Anda perlu memuji pasangan Anda lebih.

Misalnya, “Tidak mungkin aku menyukai orang lain yang tidak secantik/seganteng kamu,” atau “Tidak mungkin saya tertipu dengan rayuan orang lain, aku mencintaimu,” dan kalimat lainnya yang membesarkan hatinya.

3. Buat perencanaan

Sangat penting untuk membuat pasangan dapat melepaskan kecemburuannya. Salah satu caranya adalah dengan berdiskusi dan membuat perencanaan. Jika Anda harus berinteraksi atau bekerja bersama orang yang dicemburui pasangan, ajak pasangan untuk bertemu bersama.

Atau ketika pasangan Anda cemburu dengan orang-orang di media sosial, diskusikan bersama pasangan apakah Anda berdua harus menon-aktifkan akun atau solusi lainnya. Bicarakan hal-hal simpel yang selama ini memicu kecemburuan antara Anda dan pasangan. Setelah itu, putuskan langkah-langkah yang harus Anda berdua lakukan untuk mengatasi kecemburuan dalam hubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement