Advertisement

Putus Cinta Picu Kanker?

Chelin Indra Sushmita
Minggu, 18 Agustus 2019 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Putus Cinta Picu Kanker? Ilustrasi patah hati (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO – Hasil penelitian terbaru menyatakan, kanker rentan terjadi pada orang yang patah hati. Mengapa demikian?

Stres karena situasi penuh tekanan yang terkadang menimbulkan rasa nyeri di dada setelah ditinggal sang kekasih ternyata mempengaruhi kinerja jantung. Otot jantung menjadi lemah dan sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Jika gejala yang disebut dengan istilah sindrom Takotsubo itu tidak segera ditangani, fatal akibatnya.

Advertisement

Dikutip dari CNN, Kamis (15/8/2019), American Heart Association dalam riset terbarunya menyatakan, sindrom patah hati rentan menimbulkan kanker. Hasil penelitian yang dipublikasikan 17 Juli 2019, menunjukkan satu dari enam orang patah hati ternyata terdiagnosa kanker. Orang patah hati yang terdiagnosa kanker itu memiliki kesempatan hidup tidak lebih dari lima tahun dibanding pengidap kanker yang tidak patah hati.

Dilansir Newsroom.heart.org, peneliti American Heart Association mengatakan hubungan antara sindrom patah hati dengan kanker masih dalam penelitian lebih lanjut. Sampai saat ini, mereka terus meneliti secara spesifik soal hubungan antara kanker dan sindrom patah hati.

“Mekanisme antara tingkatan kanker, perawatan, serta perkembangan sindrom patah hati harus terus diteliti. Penemuan kami menjadi landasan untuk mendalami potensi dari efek racun pada jantung setelah kemoterapi,” ujar Christian Templin, peneliti senior sekaligus direktur Interventional Cardiology of the Andreas Grüntzig Heart Catheterization Laboratories, Swiss.

Riset tersebut diawali dengan mengumpulkan 1.604 data pasien dengan sindrom patah hati di International Takotsubo Registry, Swiss. Hasilnya, 267 pasien atau satu dari enam pasien wanita dengan rentang usia rata-rata 69,5 tahun atau sekitar 87,6 persen responden mengidap kanker. Kanker payudara menjadi momok paling utama, diikuti tumor usus, paru-paru, alat kelamin, kulit, dan area lain.

Namun, para peneliti belum menemukan penyebab kanker pada para pasien tersebut secara langsung. Mereka hanya menemukan adanya hubungan di antara sindrom patah hati dan kanker. Bagi orang yang mengalami sindrom patah hati, hasil riset tersebut bukan lah tanda bahaya. Hasil penelitian American Heart Association ini menganjurkan orang dengan sindrom patah hati terdiagnosis kanker melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement