Advertisement

Lucinta Luna Konsumsi Obat Terlarang Jenis Benzo. Apa Itu?

Nancy Junita
Rabu, 12 Februari 2020 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lucinta Luna Konsumsi Obat Terlarang Jenis Benzo. Apa Itu? Lucinta Luna (topi warna cokelat) saat menjalani pemeriksaan terkait dugaan kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (11/2/2020). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Artis Lucinta Luna dibekuk pihak kepolisian karena diduga memakai psikotropika, Selasa (11/2/2020) dini hari di kediamannya.

Menurut  Kanit II Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Polisi Maulana Mukarom, Lucinta Luna mengonsumsi obat-obatan terlarang jenis Benzo selama kurang lebih enam bulan.

Advertisement

Sebelumnya, pihak kepolisian menyita tiga butir pil yang diduga pil ekstasi saat penangkapan Lucinta Luna di Apartemen Thamrin City pada Selasa (11/2/2020) dini hari.

Selain benzo, terdapat lima butir pil riklona, dua butir tramadol, dan tujuh butir tramadol dari hasil pemeriksaan.

Apa itu Benzo?

Dikutip dari Wikipedia, Benzodiazepin adalah jenis obat yang memiliki efek sedatif atau menenangkan. Benzodiazepin diresepkan bagi mereka yang cemas atau tertekan dan dapat digunakan dalam pengobatan jangka pendek pada beberapa masalah tidur tertentu.

Obat tersebut dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati orang yang mengalami mania.

Benzodiazepin (BZD, BDZ, BZs), kadang-kadang disebut "benzo", adalah kelas obat-obatan psikoaktif yang struktur kimianya adalah fusi dari cincin benzena dan cincin diazepine.

Obat pertama golongan itu, chlordiazepoxide (Librium), ditemukan secara tidak sengaja oleh Leo Sternbach pada tahun 1955, dan tersedia pada tahun 1960 oleh Hoffmann-La Roche, yang, sejak 1963, juga telah memasarkan benzodiazepine diazepam (Valium).

Paling Banyak Diresepkan

Pada 1977 benzodiazepin secara global adalah obat yang paling banyak diresepkan. Obat ini ada dalam keluarga obat yang dikenal sebagai obat penenang ringan.

 Benzodiazepin meningkatkan efek neurotransmitter gamma-aminobutyric acid (GABA) pada reseptor GABAA, menghasilkan obat penenang, hipnotik (menginduksi tidur), ansiolitik (anti-kecemasan), antikonvulsan, dan sifat relaksan otot.
Dosis tinggi banyak benzodiazepin dalam jangka pendek juga dapat menyebabkan amnesia anterograde dan disosiasi.
 
Sifat-sifat ini membuat benzodiazepin bermanfaat dalam mengobati kecemasan, insomnia, agitasi, kejang, kejang otot, penarikan alkohol dan sebagai persiapan medis untuk prosedur medis atau gigi.
 
Benzodiazepin dikategorikan sebagai obat bekerja dalam jangka pendek, menengah, atau panjang. Benzodiazepin kerja pendek dan sedang lebih disukai untuk pengobatan insomnia; benzodiazepin yang bekerja lebih lama direkomendasikan untuk pengobatan kecemasan.
 
Dosis dan Efek Samping

Benzodiazepin umumnya dipandang aman dan efektif untuk penggunaan jangka pendek, meskipun gangguan kognitif dan efek paradoksal seperti agresi atau disinhibisi perilaku kadang terjadi.
 
Sebagian kecil orang dapat mengalami reaksi paradoks seperti agitasi yang memburuk atau panik.
 
Benzodiazepin juga dikaitkan dengan peningkatan risiko bunuh diri. Penggunaan jangka panjang  obat ini mengundang kontroversial karena kekhawatiran tentang penurunan efektivitas, ketergantungan fisik, penarikan, dan peningkatan risiko demensia dan kanker.
 
Dalam jangka panjang, menghentikan benzodiazepin sering menyebabkan peningkatan kesehatan fisik dan mental.
 
Lansia berisiko efek samping jika menggunakan benzo dalam jangka pendek dan jangka panjang, dan sebagai akibatnya, semua benzodiazepin terdaftar dalam Daftar Obat-obatan yang tidak sesuai untuk orang dewasa yang berusia lebih tua.
 
Ada kontroversi keamanan benzodiazepin jika dipakai wanita hamil, meskipun bukan teratogen utama,  namun obat ini dikaitkan dengan mulut sumbing pada sejumlah kecil bayi.
 
Benzodiazepin dikonsumsi dalam dosis berlebih dan dapat menyebabkan ketidaksadaran mendalam yang berbahaya. Namun, kurang toksik daripada obat pendahulunya, barbiturat, dan kematian jarang terjadi ketika benzodiazepine adalah satu-satunya obat yang diminum.
 
Ketika dikombinasikan dengan depresan sistem saraf pusat (SSP) lainnya seperti minuman beralkohol dan opioid, bisa meningkatkan potensi toksisitas dan overdosis fatal.
 
Benzodiazepin umumnya disalahgunakan dan digunakan dalam kombinasi dengan obat lainnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement