Advertisement

Apakah Mesin Pengering Tangan Bisa Basmi Virus Corona? Ini Jawabannya

Desyinta Nuraini
Jum'at, 13 Maret 2020 - 11:57 WIB
Nina Atmasari
Apakah Mesin Pengering Tangan Bisa Basmi Virus Corona? Ini Jawabannya Ilustrasi-Mesin pengering tangan - shopee

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wabah virus Corona atau Covid-19 menimbulkan banyak informasi yang beredar, namun tidak semuanya benar.

Sejumlah kabar mengenai metode untuk membasmi virus yang "berasal" dari Kota Wuhan itu seketika muncul. Salah satunya kabar bahwa virus Corona akan mati jika seseorang menggunakan mesin pengering tangan. 

Advertisement

Tidak sedikit orang yang percaya akan hal ini sehingga mereka lebih memilih untuk mengeringkan tangan dengan mesin pengering daripada dengan tisu. Benarkah mesin pengering tangan ampuh membunuh Corona?

Mengutip keterangan dari situs Alodokter, faktanya mesin pengering tangan tidak bisa membunuh virus Corona. Mesin ini hanya menarik udara sekitar dan menyemburkannya kembali dengan kecepatan tinggi. 

Memang, sebagian mesin dapat menghangatkan udara yang telah ditarik sebelum disemburkan. Namun, ini tidak serta-merta bisa membunuh kuman atau virus di tangan Anda.

Langkah yang paling tepat untuk mencegah virus ini yaitu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak tersedia keduanya, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen bisa digunakan sebagai alternatif.

Mengeringkan tangan setelah cuci tangan memang dapat menurunkan risiko terjadinya penularan virus Corona. Namun, anggapan bahwa mesin pengering tangan dapat membunuh virus Corona hanyalah hoaks.

Jadi, penting untuk selalu merujuk pada sumber informasi terpercaya jika Anda mendapat info apa pun terkait Corona. Termasuk kabar soal cara membunuh Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo Rabu 1 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja

Jogja
| Rabu, 01 Mei 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement