Advertisement

Makanan Sehat Bagi Anak-Anak Bisa Cegah Obesitas dan Sakit Jantung  

Nancy Junita
Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:47 WIB
Sunartono
Makanan Sehat Bagi Anak-Anak Bisa Cegah Obesitas dan Sakit Jantung    Ilustasi - Seorang anak makan buah dan sayur. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Anak-anak yang makan sehat berisiko lebih rendah terkena obesitas dan penyakit jantung di kemudian hari. Maka, mendorong kebiasaan makan yang sehat di usia yang sangat muda dapat mengembangkan perilaku makan yang positif pada anak-anak. Orangtua dan pengasuh harus mendorong anak-anak untuk makan makanan sehat dan menjaga berat badan yang sehat untuk mencegah penyakit kronis di kemudian hari

Orangtua yang menanamkan perilaku makan sehat pada anak-anak di usia yang sangat muda, mengurangi risiko mengembangkan obesitas dan penyakit jantung di kemudian hari, ungkap sebuah studi baru dikutip dari medindia.net.

Advertisement

American Heart Association merilis studi "Pengaruh Pengasuh terhadap Perilaku Makan pada Anak-anak Muda," yang diterbitkan Journal of American Heart Association.

Pernyataan tersebut adalah yang pertama dari Asosiasi yang berfokus pada strategi berbasis bukti bagi orangtua dan pengasuh untuk menciptakan lingkungan makanan yang sehat bagi anak-anak yang mendukung pengembangan perilaku makan positif dan menjaga berat badan yang sehat di masa kanak-kanak, sehingga mengurangi risiko. kelebihan berat badan, obesitas dan penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Meskipun banyak anak dilahirkan dengan kemampuan bawaan untuk berhenti makan ketika mereka kenyang, mereka juga dipengaruhi oleh suasana emosional secara keseluruhan, termasuk keinginan dan permintaan pengasuh selama waktu makan. Jika anak-anak merasa di bawah tekanan untuk makan dalam menanggapi keinginan pengasuh, mungkin akan lebih sulit bagi mereka untuk mendengarkan isyarat internal individu mereka yang memberi tahu mereka ketika mereka kenyang.

anak makan

Tips untuk mendorong anak makan sehat

"Orangtua dan pengasuh harus mempertimbangkan membangun lingkungan makanan yang positif yang berpusat pada kebiasaan makan yang sehat, daripada berfokus pada aturan yang kaku tentang apa dan bagaimana seorang anak harus makan," kata Alexis C. Wood, Ph.D., Ketua Kelompok Penulis untuk penulisan ilmiah dan asisten profesor di Departemen Pertanian / Layanan Penelitian Pertanian, Pusat Penelitian Nutrisi Anak dan Departemen Pediatri (Bagian Nutrisi) di Baylor College of Medicine di Houston.

Pernyataan itu menunjukkan bahwa orangtua dan pengasuh harus menjadi panutan positif dengan menciptakan lingkungan yang menunjukkan dan mendukung pilihan makanan sehat, daripada lingkungan yang berfokus pada mengendalikan pilihan anak-anak atau menyoroti berat badan.

Orangtua dan pengasuh harus mendorong anak-anak untuk makan makanan sehat dengan:

• menyediakan waktu yang konsisten untuk makan;

• memungkinkan anak untuk memilih makanan apa yang ingin mereka makan dari pilihan pilihan sehat;

• menyajikan makanan sehat atau baru bersama makanan yang sudah dinikmati anak-anak;

• secara teratur makan makanan baru yang sehat sambil makan bersama anak dan menunjukkan kenikmatan makanan;

• memperhatikan rasa lapar dan isyarat verbal atau non-verbal anak; dan

• menghindari menekan anak-anak untuk makan lebih dari yang mereka inginkan.

sakit jantung

Hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan orangtua;

Wood mencatat bahwa beberapa orangtua dan pengasuh mungkin merasa sulit untuk mengizinkan anak-anak membuat keputusan makanan sendiri, terutama jika anak-anak menjadi enggan untuk mencoba makanan baru dan/atau menjadi pemilih makanan.

Perilaku ini umum dan dianggap normal pada anak usia dini, usia 1 hingga 5 tahun, karena anak-anak belajar tentang rasa dan tekstur makanan padat.

Menerapkan aturan kaku, otoriter di sekitar makan dan menggunakan taktik seperti hadiah atau hukuman mungkin terasa seperti taktik yang berhasil dalam jangka pendek. Namun, penelitian tidak mendukung pendekatan ini; melainkan, mungkin memiliki konsekuensi negatif jangka panjang.

Lingkungan makan yang otoriter tidak memungkinkan anak untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang positif dan dapat mengurangi rasa kontrol mereka, yang merupakan proses perkembangan penting bagi anak-anak.

Selain itu, pendekatan otoriter telah dikaitkan dengan anak-anak yang lebih mungkin untuk makan ketika mereka tidak lapar dan makan makanan yang kurang sehat yang cenderung lebih tinggi kalori, yang meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas dan / atau kondisi makan yang tidak teratur.

Di sisi lain, pendekatan yang memanjakan, di mana seorang anak diizinkan untuk makan apa pun yang mereka inginkan kapan pun mereka inginkan, tidak memberikan batasan yang cukup bagi anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat.

Penelitian juga mengaitkan pendekatan "laissez-faire" ini dengan risiko lebih besar anak-anak menjadi kelebihan berat badan atau mengalami obesitas.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa strategi dapat meningkatkan variasi makanan anak-anak selama tahun-tahun awal jika mereka "pilih-pilih" atau "cerewet" tentang makanan. Berulang kali menawarkan kepada anak-anak berbagai macam makanan sehat meningkatkan kemungkinan mereka akan menerimanya, terutama ketika disajikan dengan makanan yang mereka sukai.

Selain itu, pengasuh atau orangtua yang antusias makan makanan juga dapat membantu anak menerima makanan ini.

Memberi contoh makan makanan sehat - oleh pengasuh, saudara kandung, dan teman sebaya - adalah strategi yang baik untuk membantu anak-anak terbuka pada beragam pilihan makanan yang lebih luas.

"Perilaku makan anak-anak dipengaruhi oleh banyak orang dalam kehidupan mereka, jadi idealnya, kami ingin seluruh keluarga menunjukkan kebiasaan makan yang sehat," kata Wood.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua strategi berhasil untuk semua anak, dan orangtua dan pengasuh tidak boleh merasa stres atau menyalahkan yang tidak semestinya atas perilaku makan anak-anak.

"Sangat jelas bahwa setiap anak adalah individu dan berbeda dalam kecenderungan mereka untuk membuat keputusan yang sehat tentang makanan saat mereka tumbuh. Inilah sebabnya mengapa penting untuk fokus pada menciptakan lingkungan yang mendorong keterampilan pengambilan keputusan dan memberikan paparan variasi. makanan sehat, bergizi sepanjang masa kanak-kanak, dan tidak menempatkan perhatian yang tidak semestinya pada keputusan individu anak, " papar Wood.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement