Advertisement

Sindrom Patah Hati Meningkat Selama Pandemi

Krizia Putri Kinanti
Senin, 13 Juli 2020 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Sindrom Patah Hati Meningkat Selama Pandemi Selama pandemi virus corona, masyarakat rentan terserang rasa gelisah hingga kemarahan dan kesedihan - Verywell

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Tekanan emosional yang hebat selama pandemi berdampak buruk pada kesehatan jantung. Dari kegelisahan masalah kesehatan terkait pandemi dan perjuangan ekonomi, hingga kemarahan dan kesedihan. menyebabkan tingkat stres telah meningkat selama beberapa bulan terakhir. 

Para ahli medis memperhatikan peningkatan sindrom patah hati selama karantina. Sindrom patah hati dikenal sebagai kardiomiopati stres atau kardiomiopati Takotsubo. Sindrom patah hati bisa terasa seperti serangan jantung.

Advertisement

Ditandai dengan berkeringat, mual, sesak napas, jantung berdebar, dan nyeri dada, sindrom patah hati tidak membunuh sel-sel jantung Anda seperti halnya serangan jantung.

Dikutip dari Bustle, Senin (13/7/2020), menurut Johns Hopkins Medical, lonjakan hormon stres seperti adrenalin sementara membuat hati Anda tersengat. Stress cardiomyopathy jarang berakibat fatal, tetapi ini masih merupakan masalah besar - dan pandemi ini bahkan membuatnya menjadi lebih umum.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open, tingkat sindrom patah hati di antara pasien dengan kondisi jantung yang ada meningkat menjadi 7,8 persen, dibandingkan dengan 1,7 persen dari pasien yang didiagnosis dengan stres kardiomiopati sebelum pandemi. Para peneliti membandingkan jumlah diagnosis hampir 2.000 pasien sebelum dan selama Covid.

Mereka menentukan bahwa di samping meningkatnya insiden jantung itu sendiri, rata-rata orang yang tinggal di rumah sakit untuk stres kardiomiopati lebih lama daripada mereka pra-pandemi. Tingkat kematian akibat sindrom patah hati, belum meningkat selama Covid.

Bila menggunakan obat-obatan, orang-orang bisa pulih dari stres kardiomiopati, tetapi muncul risiko kerusakan pada jantung.

Menurut The American College of Cardiology, tekanan finansial, trauma fisik, kekerasan, kesedihan, dan bentuk lain dari tekanan emosional yang ekstrim dapat memicu stres kardiomiopati. Meskipun ada banyak peristiwa kehidupan yang penuh tekanan yang tidak dapat dikendalikan oleh individu, terutama selama pandemi, mengelola kesehatan mental Anda dapat membantu mencegah kerusakan jantung, menurut American Heart Association.

Jika Anda memiliki kondisi yang mendasari seperti masalah kesehatan jantung sebelumnya atau diabetes, waspada terhadap kesejahteraan emosional Anda dapat menjaga sistem kardiovaskular Anda agar tidak kewalahan.

Berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental dan ahli jantung, serta menyusun rencana perawatan diri yang komprehensif dan berkelanjutan, dapat membantu Anda melewati pandemi dalam kesehatan jantung yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Di Jogja, Lama Kemacetan Maksimal Hanya 10 Menit Selama Libur Lebaran

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Gelar Rapat Internal, Jokowi Siapkan Langkah Terkait Perang Iran-Israel

News
| Selasa, 16 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement