Advertisement

Olahraga Secara Berlebihan Bisa Merusak Tubuh

Newswire
Minggu, 22 November 2020 - 09:27 WIB
Nina Atmasari
Olahraga Secara Berlebihan Bisa Merusak Tubuh Ilustrasi. - Ist/ Freepik

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA - Sudah menjadi pengetahuan bagi masyarakat bahwa olahraga memiliki manfaat untuk tubuh, baik fisik maupun mental. Olahraga tidak hanya menyehatkan badan tetapi juga bisa meredakan stres. Namun, olahraga juga bisa menjadi berbahaya ketika dilakukan dengan cara yang salah atau saat memaksakan diri terlalu keras.

Memaksakan diri dapat merusak hasil yang Anda capai dengan keras, dan lebih berbahaya lagi, dapat menyebabkan cedera serius.

Advertisement

Dilansir The Health Site, berikut efek dari olahraga secara berlebihan yang justru merusak tubuh.

1. Menderita dehidrasi

Tergantung pada intensitas dan jenisnya, Anda bisa kehilangan satu hingga tiga liter air setiap jam berolahraga. Kehilangan ini terjadi karena Anda juga berkeringat lebih banyak, yang juga mengeluarkan air serta elektrolit lebih banyak juga.

2. Mengalami insomnia

Saat Anda berolahraga, tubuh melepaskan lebih banyak hormon. perubahan sekresi hormon ini tidak selalu baik, dan pola tidur dapat terganggu akibat perubahan hormonal tersebut.

3. Perubahan suasana hati

Jika Anda olahraga lebih keras dari yang seharusnya, kemungkinan besar tubuh akan terasa lelah, baik secara mental maupun fisik.

Kelelahan justru membuat tubuh 'rewel', dan bisa menyebabkan perubahan mood, seperti mudah marah, tersinggung, dan cemas.

4. Merusak ginjal

Kondisi ini dikenal sebagai Rhabdomyolysis. Umumnya terjadi ketika kerusakan serat otot melepaskan konten langsung ke aliran darah dan menciptakan toksisitas keseluruhan yang menyebabkan sensasi kelelahan dan kemungkinan kerusakan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement