Advertisement

Mau Olahraga Saat Berpuasa? Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Hanafi Nurmahdi
Kamis, 15 April 2021 - 07:37 WIB
Nina Atmasari
Mau Olahraga Saat Berpuasa? Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Warga menaiki sepeda Gowes di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (4/7/2020). Pemprov DKI Jakarta menyediakan layanan Bike Sharing berbasis aplikasi untuk masyarakat perkotaan yang terdapat di sembilan lokasi sementara sebanyak 200 unit dengan tarif Rp3.000 per 15 menit dan jam operasional pukul 06.00-18.00 WIB. - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan olahraga. Aktivitas ini dilakukan sebagian orang, tak terkecuali saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Dengan menjaga tubuh tetap sehat, kita bisa melakukan aktivitas seperti biasa dengan bebas dan tidak memiliki hambatan. Namun, olahraga saat berpuasa terkadang sangat melelahkan dan malas dilakukan. Banyak orang merasa tidak memiliki tenaga seperti biasanya karena tidak makan atau minum sejak adzan Subuh hingga Magrib.

Advertisement

Anda ingin tetap sehat dan beraktivitas selama Ramadan? Berikut tips berolahraga dalam keadaan berpuasa seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan:

1. Sebelum atau Setelah Buka Puasa
Olahraga sebaiknya dilakukan menjelang atau sesudah berbuka puasa. Anda bisa berolahraga dengan durasi 30 - 60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Dengan demikian, tubuh dapat segera mendapat asupan energi kembali.

2. Istirahat yang Cukup
Agar tetap bisa olahraga saat puasa, Anda wajib memperhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7 hingga 9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat, usahakan tidur siang 10 hingga 20 menit.

3. Jenis Olahraga
Lakukan jenis olahraga yang biasa Anda lakukan seperti biasanya di luar bulan Ramadan. Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa Anda lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya.

4. Asupan Makanan
Pastikan menu makanan tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh. Berbuka puasa dengan makanan yang sehat dan minum air putih bisa mengembalikan vitalitas tubuh Anda setelah menjalankan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah TPS Pilkada Bantul 2024 Diperkirakan Menyusut Dibanding Pemilu, Ini Alasannya

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, dan BP-AKR per Kamis 18 April 2024

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement