Advertisement

Kenali 5 Gejala Hipertensi yang Butuh Bantuan Medis Secepatnya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 25 Juli 2021 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali 5 Gejala Hipertensi yang Butuh Bantuan Medis Secepatnya Ilustrasi hipertensi - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukan hanya dialami orang dewasa. Siapa pun yang berusia di atas 20 tahun dapat mengembangkan masalah kesehatan ini yang memerlukan pemantauan tingkat tekanan darah secara konstan.

Hal yang paling berbahaya tentang tekanan darah tinggi adalah bahwa hal itu bisa tidak diketahui selama bertahun-tahun karena gejalanya tidak menonjol.

Advertisement

Masalahnya hanya terdeteksi setelah mencapai tingkat berbahaya dan mulai merusak organ lain. Ini juga dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi yang ekstrim adalah keadaan darurat dan membutuhkan perhatian segera.

Berikut adalah beberapa tanda tekanan darah sangat tinggi ketika Anda membutuhkan perhatian medis segera dilansir dari Times of India :

1. Sesak napas

Penderita hipertensi pulmonal biasanya mudah mengalami sesak napas dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi mati lemas mendadak juga bisa menjadi tanda stroke dan serangan jantung. Tekanan darah tinggi yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan dan sesak napas.

2. Bintik darah di mata

Bintik merah di mata juga dikenal sebagai pendarahan disebabkan oleh peningkatan tekanan darah. Terlalu banyak tekanan pada dinding arteri dapat meregangkan jaringan, yang menjadi rusak setelah suatu titik. Bahkan merusak arteri dan saraf optik mata Anda jika tidak diobati untuk waktu yang lama. Terkadang bercak darah di mata juga disebabkan tanpa penyebab yang dapat diidentifikasi. Bagaimanapun, sangat penting untuk mengunjungi dokter.

3. Pusing

Pusing yang tiba-tiba dan kehilangan keseimbangan atau koordinasi adalah tanda-tanda peringatan stroke. Ini adalah tanda umum dalam kasus tekanan darah tinggi yang berkepanjangan. Selain itu, pusing mendadak yang terkadang dialami saat menderita hipertensi mungkin disebabkan oleh hilangnya suplai oksigen ke otak. Pusing juga bisa disebabkan karena obat untuk tekanan darah tinggi.

4. Kecemasan

Memiliki tekanan darah tinggi juga dapat memicu perasaan cemas. Kecemasan yang parah menyebabkan gejala seperti sesak napas, berkeringat, gemetar dan napas berat. Semua masalah ini membutuhkan perhatian medis segera. Bahkan kecemasan dapat meningkatkan tingkat tekanan darah Anda yang mungkin berdampak parah pada kesehatan mental dan fisik Anda.

5. Muntah

Tekanan darah tinggi, juga disebut krisis hipertensi, dapat menyebabkan gejala seperti muntah. Gejala hipertensi ini juga memerlukan perhatian medis segera. Gejala lain dari tekanan darah yang sangat tinggi mungkin termasuk kebingungan, mimisan dan penglihatan kabur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement