Advertisement

Setelah Santap Makanan Kolesterol Tinggi Lakukan Hal Ini

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 21 September 2021 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Setelah Santap Makanan Kolesterol Tinggi Lakukan Hal Ini Ilustrasi wanita merasa bersalah akibat makan fast food yang mengandung kolesterol tinggi - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kolesterol merupakan zat lemak yang dibuat oleh hati, yang juga dapat ditemukan dalam makanan tertentu. Lakukan 6 hal ini setelah menyantap makanan berkolesterol tinggi.

Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol agar berfungsi dengan baik. Namun, memiliki terlalu banyak jenis kolesterol jahat menempatkan Anda pada risiko serangan jantung atau stroke.

Advertisement

Beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi antara lain, daging ayam dan daging sapi berlemak, makanan siap saji (fast food), es krim, hingga gorengan.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan setelah menyantap makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti dilansir dari Times of India, Selasa (21/9/2021).

1. Minum Air Hangat
Setiap kali merasa kenyang, mulailah minum air hangat setelah 30-45 menit makan. Menurut para ahli, air berperan sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah juga. Air hangat membantu memecah nutrisi menjadi bentuk yang dapat dicerna, dan Anda mulai merasa lebih ringan.

2. Minuman Detoks
Cara terbaik untuk menenangkan tubuh dengan minum air lemon. Minuman detoks ini membantu membuang racun yang terkumpul setelah mengonsumsi makanan berminyak dan juga membantu penurunan berat badan.

3. Jalan-jalan Kecil
Menurut para ahli, berjalan setelah 20 menit makan makanan berat membantu meningkatkan pencernaan dan juga meningkatkan motilitas perut yang lebih baik, serta membantu penurunan berat badan.

4. Makan Probiotik
Pastikan Anda mengonsumsi probiotik setelah 20-25 menit makan makanan berat. Probiotik membantu menyeimbangkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan flora usus dan kekebalan juga. Probiotik paling efektif yang bisa Anda miliki adalah yogurt.

5. Makan Buah-buahan
Setelah jeda 60 menit, makanlah sedikit buah-buahan kaya serat. Buah-buahan membantu menghindari sembelit dan juga meningkatkan sistem pencernaan. Anda juga disarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran dalam beberapa waktu makan berikutnya untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

6. Hidrasi
Setelah kenyang, pastikan bahwa beberapa makanan Anda berikutnya sangat ringan dan mudah dicerna. Disarankan untuk mengikuti diet tinggi cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menikmati makanan kaya serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement